(الاستفهام في رواية "الربيع العاصف" لنجيب الكيلاني (دراسة بلاغية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriyah, Aulia'ul (2019) (الاستفهام في رواية "الربيع العاصف" لنجيب الكيلاني (دراسة بلاغية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia'ul Fajriyah. A91216114.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sastra ialah sebuah karya yang memiliki makna dan keindahan tersendiri, dan karya satra sangat banyak bentuk kategorinya salah satunya yang lagi dibahas dalam penelitian ialah novel. Dan novel yang akan dibahas dalam penelitian ini ialah novel “arrabi’ al-a’sif” karya Najib Kailani. Novel tersebut menceritakan tentang seorang perempuan cantik yang bernama manal yang sangat di cintai atau diperebutkan oleh beberapa laki-laki yang berada di desa syarsyabah dan kemudia para penduduk juga menganggap manal yang telah membuat musibah yang terjadi di desa syarsyabah. Maka dalam penelitian ini akan mengkaji keindahan dari novel “arrabi’ al-a’sif” karya najib kailani. Dari segi balagho yaitu istifham, dalam pelajaran ilmu balagho. Dan sub bab yang di gunakan dalam penelitian ini pertama: alat-alat istifham apa saja dalam novel “arrabi’ al-a’sif” karya Najib Kailani. Kedua: macam-macam dan maa’ni istifham dalam novel “arrabi’ al-a’sif” karya Najib Kailani.Dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif serta pengumpulan data menggunakan library research. Dari kajian yang telah dilakukan diketahui bahwa macam istifham sebanyak 63 data, yaitu pada halaman hamzah ada 15, hal ada 13, kaifa ada 2, mata ada 2, ma ada 15, man ada 8, aina ada 7, dan ayyu ada 1. Adapun maani istifham yaitu 63 terbagi pada: at-tahqir ada 2, at-taswiq ada 11, atanbihu a’la khoto’ ada 1, at-taqrir ada 32, at-tahkim ada 1, at-taswiyah ada 4, at-taa’jjub ada 2, an-nafyu ada 4, al-istibtha’ ada 1, al-istiba’du ada 2, dan at-tamanna ada 3.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriyah, Aulia'ulauliaulfajriyah997@gmail.comA91216114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, FatkhurUNSPECIFIED19690125194031005
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: istifham, novel Arrabi’ Al-A’sif
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Aulia'ul Fajriyah
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:39
Last Modified: 31 Dec 2019 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36593

Actions (login required)

View Item View Item