القيم الاجتماعية في مسرحية شمس النهار لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amilah, Khofifatul (2019) القيم الاجتماعية في مسرحية شمس النهار لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khofifatul Amilah_A01216027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk nilai sosial dalam drama Syamsu An-Nahaar karya Taufiq Al-Hakim? (2) Bagaimana macam nilai sosial dalam drama Syamsu An-Nahaar karya Taufiq Al-Hakim?.Nilai sosial merupakan sebuah sikap atau perasaan yang diterima secara luas oleh masyarakat dan merupakan dasar untuk merumuskan apa yang benar dan apa yang penting. Bentuk nilai sosial dibagi menjadi tiga yaitu nilai kasih sayang, nilai tanggung jawab, dan nilai keserasian hidup. Dan jenis nilai sosial dibagi menjadi tiga yaitu nilai material, nilai vital, dan nilai kerohanian. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Deskripstif yaitu memaparkan atau mendeskripsikan data yang berupa kata-kata atau kalimat secara cermat. Sedangkan kualitatif yaitu menginterpretasikan data-data yang sudah ditemukan kemudian data tersebut dikualifikasikan sesuai dengan permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam drama Syamsu An-Nahaar karya Taufiq Al-Hakim terdapat tiga bentuk nilai sosial yaitu (1) Kasih sayang yang terdiri dari pengabdian, tolong menolong, kesetiaan dan kepedulian, (2) Tanggung jawab yang terdiri dari kedisiplinan, (3) Keserasian hidup yang terdiri dari nilai keadilan, dan kerja sama. Sedangkan jenis nilai sosial dalam drama Syamsu An-Nahaar karya Taufiq Al-Hakim terdapat tiga nilai yaitu (1) Nilai material, (2) Nilai vital, dan (3) Nilai kerohanian yang terdiri dari nilai kebenaran, nilai keindahan, nilai moral, dan nilai agama. Adapun setiap nilai pasti memiliki makna yang bisa dijadikan pelajaran hidup, misalnya nilai tolong menolong yang bermakna usaha yang dilakukan seseorang untuk membantu meringankan beban atau kesulitan orang lain. Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutukan bantuan orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amilah, Khofifatulkhofifatul.amilah@gmail.comA01216027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathur--196901251994031005
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Sastra
Keywords: Nilai Sosial; Syamsu An-Nahaar
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Khofifatul Amilah
Date Deposited: 31 Dec 2019 04:07
Last Modified: 10 Dec 2021 09:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36603

Actions (login required)

View Item View Item