شخصية موسى عليه السلام وقومه فى سورة الأعراف; دراسة تحليلية ادبية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bahy, Moh. Buny Andaru (2019) شخصية موسى عليه السلام وقومه فى سورة الأعراف; دراسة تحليلية ادبية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Buny Andaru Bahy_A91216133.pdf

Download (1MB)

Abstract

Syahshiyah yaitu bagian dari pembahasan Ilmu Nafsi yang artinya ilmu yang membahas tentangkepribadian seseorang dari aspek jasmani maupun rohaninya. Peneliti melakukan penelitian tentang kepribadian Nabi Musa AS dan Kaumya dalam surat al-A’raf. Kamil Muhammad Muhammad Uwaidhoh membagi lima aspek untuk mengetahui kepribadian seseorang, yaitu: an-Nawahi Jismiyah (Aspek Fisik), an-Nawahi Aqliyah (Aspek Kognitif), an-Nawahi Miyajiyah (Aspek Watak), an-Nawahi Khalqiyah (Aspek Moral), an-Nawahi Biiah (Aspek Lingkungan). Adapun Fokus pembahasan peneliti dalam pembahasan ini adalah: 1). Bagaimana Kepribadian Nabi Musa dan Kaumnya dalam Surat al-A’raf ?. 2). Bagaimana Analisis Kepribadian Nabi Musa dan Kaumnya dalam Surat al-A’raf ?. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui kepribadian Nabi Musa AS dan Kaumya dalam surat al-A’raf denganmenggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu prosedur pemecahan masalah yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data berupa kata-kata kemudian menganalisisnya. Dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa : 1.Ayat yang berkaitan dengan kepribadian Nabi Musa AS dan kaumnya terdapat pada Surat al-A’raf Ayat 103-171. 2.Dalam penelitian ini terdapat 34 data yang berkaitan dengan kepribadian Nabi Musa AS dan kaumnya, diantaranya terdapat dalam kepribadian nabi Musa sebanyak 9 data, kemudian dalam kepribadian Fir’aun terdapat 14 Data dan dalam kepribadian Bani israil terdapat 11 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bahy, Moh. Buny Andarubunymohammad@gmail.comA91216133
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhud, Fathinfathin695@gmail.com197605142005011002
Subjects: Al Qur'an
Sastra
Keywords: Syahshiyah; Nabi Musa dan Kaumnya; Surat Al-A’raf
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Moh Buny Andaru Bahy
Date Deposited: 02 Jan 2020 07:27
Last Modified: 02 Jan 2020 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36701

Actions (login required)

View Item View Item