Representasi perilaku muslim dalam film 3: Alif Lam Mim: analisis semiotika model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghafur, Abdul (2019) Representasi perilaku muslim dalam film 3: Alif Lam Mim: analisis semiotika model Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Ghafur_B06215002.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan representasi perilaku muslim yang terdapat dalam film 3: Alif Lam Mim. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah Bagaimana representasi perilaku muslim dalam film 3: Alif Lam Mim? Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kritis. Menggunakan metode penelitian analisis semiotika model Roland Barthes. Semiotika adalah suatu ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda. Tanda-tanda adalah perangkat yang dipakai dalam upaya berusaha mencari jalan di dunia ini, ditengah-tengah manusia dan bersama-sama manusia. Barthes membuat sebuah model sistematis dalam menganalisis makna dari tanda-tanda. Fokus perhatian Barthes lebih tertuju kepada gagasan tentang signifikasi dua tahap (two order of signification). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Representasi perilaku sabar dengan sikap mampu menahan emosi dan menerima keputusan. (2) Representasi perilaku adil dengan sikap tanpa pandang bulu dalam menumpas kejahatan. (3) Representasi perilaku bijaksana dengan sikap mengambil keputusan berdasarkan kepentingan orang banyak. (4) Representasi perilaku pemurah dengan sikap suka berbagi dengan orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghafur, Abdulabdulghofur1295@gmail.comB06215002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, LilikUNSPECIFIED197312171998032002
Subjects: Ilmu Komunikasi
Perilaku
Film
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Abdul Ghafur
Date Deposited: 02 Jan 2020 03:41
Last Modified: 02 Jan 2020 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36705

Actions (login required)

View Item View Item