الصراع الإجتماعي في المسرحية هاروت و ماروت لعلي أحمد باكثير :دراسة أدبية اجتماعية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, wiwik nur (2019) الصراع الإجتماعي في المسرحية هاروت و ماروت لعلي أحمد باكثير :دراسة أدبية اجتماعية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wiwik Nur Lailiyah_A91216104.pdf

Download (1MB)

Abstract

“Harut wa Marut” adalah salah satu drama karya Ali Ahmad Bakatsir, seorang sastrawan Mesir yang lahir di Surabaya. Drama “Harut wa Marut” mengkisahkan kehidupan malaikat yang diturunkan Allah ke bumi tepatnya di kota Babilonia untuk menjalankan kehidupan sebagai manusia. Malaikat yang dulunya begitu taat dan tunduk malah melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah. Drama ini diakhiri dengan kehancuran kota Babilonia karena ratu mereka melakukan kerusakan dan dihukum Allah menetap di Venus dan tidak dapat kembali ke bumi. Sementara Harut dan Marut menyesali perbuatan mereka di dalam penjara. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana bentuk-bentuk konflik sosial dalam drama “Harut wa Marut”? 2) Bagaimana penyebab konflik sosial dalam drama “Harut wa Marut”?. Dan menggunakan teori konflik sosial Lewis Coser sebagai pisau analisisnya. Sedangkan, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Hasil dari analisis konflik sosial dalam drama “Harut wa Marut” adalah peneliti menemukan 20 data dengan 10 data bentuk konflik sosial dan 10 data penyebab konflik sosial. Bentuk konflik sosial yang terdapat dalam drama “Harut wa Marut” ini ada 3 bentuk, yaitu 7 data perdebatan, 2 data kemarahan, dan 1 data peperangan. Dan ada 4 penyebab konflik sosial, yaitu 3 data perbedaan pendapat, 2 data iri hati atau cemburu , 4 data kecewa terhadap orang lain, dan 1 data pembalasan dendam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, wiwik nurwiwiknurlailiyah65225@gmail.comA91216104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaidun, AhmadUNSPECIFIED195806091987031004
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: Harut wa Marut; Konflik Sosial dan Penyebab; Sosiologi Sastra.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: wiwik nur lailiyah
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:51
Last Modified: 02 Jan 2020 04:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36764

Actions (login required)

View Item View Item