PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DIBEDAKAN DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Artiningsih, Trivia Yuli (2015) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DIBEDAKAN DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Tujuan diberikannya matematika disekolah adalah untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif. Namun pembelajaran matematika saat ini lebih fokus pada kemampuan prosedural, bergantung pada buku paket, lebih dominan soal rutin, dan pertanyaan tingkat rendah. Maka, agar siswa dapat berkembang sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika saat ini guru perlu memberikan tugas ataupun latihan soal yang bersifat tidak rutin yang dapat mengeksplor kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dibedakan dari gaya kognitif reflektif dan impulsif pada materi bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa yang diambil dari kelas VIII-E, VIII-G, dan VIII-H, yaitu 4 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 4 siswa dengan gaya kognitif impulsif, dipilihnya 8 subjek penelitian berdasarkan hasil MFFT (Matching Familiar Figure Test). Dalam penelitian ini, triangulasi yang dipakai adalah triangulasi sumber, yaitu data-data kemampuan berpikir tingkat tinggi dari 4 siswa untuk setiap kelompok gaya kognitif akan dibandingkan untuk ditemukan kekonsistenan (kesamaan). Pengumpulan data kemampuan berpikir tingkat tinggi diambil dari hasil tes tulis dan wawancara. Tes tulis dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu focus, reason, inference, situation, clarity, overview, fluency, flexibility, dan originality.
Berkaitan dengan tujuan penelitian, hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1)Siswa dengan gaya kognitif reflektif memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang baik; (2) Siswa dengan gaya kognitif impulsif memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang baik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Suparto
Creators:
CreatorsEmailNIM
Artiningsih, Trivia YuliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Kognitif Reflektif; Kognitif Impulsif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2016 05:51
Last Modified: 20 Jan 2016 05:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3689

Actions (login required)

View Item View Item