PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KPK DAN FPB DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA PATIHAN BABAT LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sungari, Sungari (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KPK DAN FPB DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA PATIHAN BABAT LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang dijumpai oleh peneliti, yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MI Nurul Huda Patihan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV MI Nurul Huda Patihan kecamatan Babat kabupaten Lamongan ? 2).Adakah peningkatan hasil belajar pada materi KPK dan FPB dengan penerapan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Patihan kecamatan Babat kabupaten Lamongan ?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Pelaksanaan penelitian dibagi dalam tiga siklus, yaitu siklus I , siklus II dan siklus III. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Skor akhir observasi kemampuan guru melaksanakan RPP pada siklus I adalah sebesar 3,375, artinya masuk dalam kategori sangat baik. Skor akhir observasi kemampuan guru melaksanakan RPP pada siklus II adalah sebesar 3,567, artinya termasuk dalam kategori sangat baik. Terjadi peningkatan sebesar 0,192 dibanding dengan siklus I. Sedangkan pada skor akhir observasi kemampuan guru melaksanakan RPP pada siklus III adalah sebesar 3,583, artinya termasuk dalam kategori sangat baik. Terjadi peningkatan sebesar 0,016 dibanding dengan siklus II. (2) Dari hasil tes akhir siklus I presentase jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 adalah 50 %, pada hasil tes akhir siklus II meningkat menjadi 55,56%, dan hasil tes akhir siklus III meningkat menjadi 72,2%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Kusaeri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sungari, SungariUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Saintifik; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2016 08:27
Last Modified: 21 Jan 2016 08:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3789

Actions (login required)

View Item View Item