Representasi kekuasaan Keuskupan dalam Film Spotlight: analisis Semiotika Model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariyati, Eny Dwi (2019) Representasi kekuasaan Keuskupan dalam Film Spotlight: analisis Semiotika Model Roland Barthes. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eny Dwi Ariyati_B06215015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, mengkaji bagaimana representasi kekuasaan Keuskupan dalam film Spotlight?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkritisi representasi kekuasaan Keuskupan dalam film Spotlight. Untuk memecahkan masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, peneliti menggunakan metode analisis teks media dengan pendekatan kritis. Yang berguna untuk memperoleh fakta, yang kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan menggunakan dasar pemikiran semiotika Roland Barthes. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa representasi kekuasaan Keuskupan yang ditampilkan dalam film Spotlight adalah adanya pemanfaatan kekuasaan oleh pihak Keuskupan Boston untuk membungkam jurnalis, serta pemanfaatan kekuasaan Keuskupan terhadap hukum Boston. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terdapat beberapa rekomendasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya yaitu melakukan kajian yang menekankan pada aspek komunikasi yang lain. karena dalam penelitian ini hanya terbatas pada kajian semiotika terhadap tanda-tanda. Serta ada baiknya, peneliti selanjutnya melakukan kajian dengan konteks sosial yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariyati, Eny Dwienydwiariyati@gmail.comB06215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHarianto, Rahmadrahmad.harianto@uinsby.ac.id197805092007101004
Subjects: Ilmu Komunikasi
Film
Keywords: Kekuasaan; Keuskupan; Film
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Eny dwi Ariyati
Date Deposited: 02 Jan 2020 03:36
Last Modified: 11 Feb 2020 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37894

Actions (login required)

View Item View Item