Representasi anti rasisme dalam film "Us" karya Jordan Peele: analasis semiotika model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukti, Gufron Galuh A. (2019) Representasi anti rasisme dalam film "Us" karya Jordan Peele: analasis semiotika model Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gufron Galuh A Mukti_B76216091.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah yang akan dikaji dalam skripsi ini, yaitu bagaimana rasisme di representasikan dalam film “Us” karya Jordan Peele. Tujuan peneliti adalah untuk mengkritisi representasi rasisme dalam film “Us” karya Jordam Peele. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyuluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis teks media dengan pendekatan kritis, yang berguna untuk memberikan fakta dan data. Kemudian data tersebut dianalisis dengan dasar pemikiran Roland Barthes, yang menganalisis secara dua tahap yaitu konotasi dan denotasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Perilaku empati terhadap keberagaman ras yaitu sikap yang secara ikhlas mau merasakan pikiran dan perasaan orang lain. (2) Serta adanya perilaku toleransi terhadap keberagaman ras yaitu sikap, sifat atau tindakan seseorang dengan kelapangan dada untuk menghargai, membiarkan dan membolehkan perbedaan orang lain, yang ditampilkan kembali di film “Us”

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukti, Gufron Galuh A.gufrongaluham@gmail.comB76216091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHarianto, Rahmadrahmad.harianto@uinsby.ac.id2009057802
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Film
Keywords: Representasi; Rasisme; Anti Rasisme; Film
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Gufron Galuh A. Mukti
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:59
Last Modified: 13 Feb 2020 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37897

Actions (login required)

View Item View Item