Analisis kestabilan model matematika SEICR pada penyebaran Hepatitis B dengan pemberian vaksinasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riwayanti, Gita Purnamasari (2019) Analisis kestabilan model matematika SEICR pada penyebaran Hepatitis B dengan pemberian vaksinasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gita Purnamasari Riwayanti_H72216053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hepatitis merupakan salah satu jenis penyakit menular. Tipe yang berbahaya dari hepatitis ialah Hepatitis B. Hal ini dikarenakan penularan Hepatitis B terjadi sangat cepat melalui kontak tubuh, air liur, hubungan seks dan sebagainya. Bahkan penyakit ini juga bisa diturunkan ke bayi yang baru lahir oleh ibu yang terkena Hepatitis B. Penularan Hepatitis B dapat dimodelkan secara matematis menggunakan pemodelan matematika. Model SEICR untuk Hepatitis B mengasumsikan populasi menjadi lima sub-populasi yaitu: Suspectible (individu rentan), Exposed (individu laten), Infected (individu tertular), Carrier (individu pembawa penyakit, dan Recovery (individu sembuh). Adanya pembagian populasi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penyebaran penyakit disetiap sub-populasi. Analisis bifurkasi diterapkan pada model sehingga diperoleh sebuah fungsi y (f(y)) yaitu Ay + B. Fungsi y tersebut merupakan bentuk fungsi linier yang menyebabkan model SEICR tersebut tidak mengalami bifurkasi. Kemudian kestabilan bebas penyakit diperoleh menggunakan analisis Routh-Hurwitz, lalu kondisi akan setimbang bebas penyakit saat pemberian vaksin pada populasi suspectible mencapai lebih dari sama dengan 20% dari total populasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riwayanti, Gita Purnamasarigitapurnamasari86@gmail.comH72216053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Wika Dianitawikadianita@gmail.com199206102018012003
Subjects: Matematika
Teknologi
Keywords: Model Epidemi; SEICR; Hepatitis B; Routh-Hurwitz
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Gita Purnamasari Riwayanti
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:49
Last Modified: 06 Jan 2020 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37904

Actions (login required)

View Item View Item