الاستعارة المكنية في رواية "امرأة عند نقطة الصفر" لنوال السعداوي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mauliddah, Firly Irhamni Herdinasari (2019) الاستعارة المكنية في رواية "امرأة عند نقطة الصفر" لنوال السعداوي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firly Irhamni Herdinasari Mauliddah_A91216118.pdf

Download (1MB)

Abstract

Isti’arah al-Makniyah dalam Novel “Perempuan dititik Nol” karya Nawal el-Saadawi
Novel “Perempuan di Titik Nol” adalah salah satu dari sekian banyak novel hasil karya sastrawan Mesir “Nawal el-Saadawi”. Novel ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Firdaus, Firdaus telah divonis gantung karena telah membunuh seorang germo. Masa kecilnya di desa, hingga ia menjadi pelacur kelas atas di kota Kairo. Menurutnya vonis itu justru merupakan satu-satunya jalan menuju kebenaran sejati. Nawal el-Saadawi menggunakan keindahan gaya bahasa isti’arah makniyah dalam karya novel ini untuk memperindah maknanya. Isti’arah Makniyah merupakan salah satu dari sekian pembahasan dalam Ilmu Bayan. Untuk memahami makna yang tersirat dari keindahan bahasa isti’arah makniyah pada novel Perempuan di Titik Nol, dalam penelitian ini akan membahas mengenai “Isti’arah Makniyah dalam Novel Perempuan di Titik Nol karya nawal el-Saadawi”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk isti’arah makniyah dalam novel Perempuan di Titik Nol karya Nawal el-Saadawi? 2) Apa makna isti’arah makniyah dalam novel Perempuan di Titik Nol karya Nawal el-Saadawi? .Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskripstif kualtatif, karena data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau kalimat dan bukan angka-angka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi atau mencari-cari data dari berbagai macam sumber seperti majalah, jurnal, dan skripsi terdahulu. Sumber data yang digunakan adalah novel Perempuan di Titik Nol karya Nawal el-Saadawi dan kitab-kitab yang berhubungan dengan judul tersebut. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis balghiyah. Hasil dari penelitian dengan pendekatan dirasah balghiyah yang dilakukan oleh penulis dalam penelitiannya yaitu penulis menemukan 25 data dalam novel “Perempuan di Titik Nol” karya Nawal el-Saadawi yang mengandung unsur gaya bahasa isti’arah makniyah. Dimana terdapat 2 bentuk isti’arah makniyah yaitu isti’arah makniyah ashliyah dan isti’arah makniyah taba’iyah. Terdapat 23 isti’arah makniyah ashliyah dan 2 isti’arah makniyah taba’iyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mauliddah, Firly Irhamni Herdinasaripirlohsaja24@gmail.comA91216118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, HimmatulUNSPECIFIED1976122220077012021
Subjects: Pelacuran
Al Qur'an
Sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Firly Irhamni Herdinasari Mauliddah
Date Deposited: 02 Jan 2020 01:49
Last Modified: 02 Jan 2020 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37916

Actions (login required)

View Item View Item