شخصيات الأشخاص فى الرواية "سلاّمة القس" لعلى أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Mar'atus (2019) شخصيات الأشخاص فى الرواية "سلاّمة القس" لعلى أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mar'atus Sholihah_A91216077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Kepribadian Tokoh dalam Novel “Sallamah Al-Qass” karya Ali Ahmad Baktsir dengan menggunakan teori Sigmund Frued yaitu menganalisis kepribadian delapan tokoh yaitu : Abdurrohman, Sallamah, Ibu Abdurrohman, Abul Wafa', Ummul Wafa', Ibnu Suhail, Ibnu Rumanah dan Jamilah. yang menceritakan tentang kisah cinta seorang Ahli Ibadah yang bernama Abdurrohman kepada wanita penghibur yang bernama Sallamah. Karena itu kepribadian mereka sangat menarik untuk diteliti. Dengan adanya latarbelakang tersebut, peneliti mengambil rumusan masalah sebagai berikut .1Bagaimana Tokoh dalam Novel “Sallamah Al-Qass” karya Ali Ahmad Baktsir? .2Bagaimana kepribadian Tokoh dalam Novel “Sallamah Al-Qass” karya Ali Ahmad Baktsir menurut teori Sigmund Freud? Untuk menjawab persoalan diatas dalam menganalisis karakter Kepribadian Tokoh dalam Novel “Sallamah Al-Qass” karya Ali Ahmad Baktsir, Peneliti Menggunakan metode penelitian Deskriptif kualitatif, Deskriptif yaitu memaparkan atau mendeskripsikan data-data yang dihasilkan secara cermat. Sedangkan kualitatif adalah menginterpretasikan data-data yang sudah ditemukan, kemudian data tersebut dikualifikasikan sesuai permasalahan dalam penelitian ini. Hasil dari analisis karakter kepribadian Abdurrohman, dalam Novel “Sallamah Al-Qass” karya Ali Ahmad Baktsir yang lebih banyak adalah Ego, kemudian Kepribadian Sallamah dan Abul Wafa’ yang lebih banyak adalah Id, Sedangkan Kepribadian Ummul Wafa’, Ibu Abdurrahman, Ibnu Suhail Ibnu Rumanah dan Jamilah Id, Ego dan Superegonya sama merata jumlahnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwasannya delapan tokoh tersebut lebih dominan dalam kepribadian Id.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Mar'atusTuezh27@gmail.comA91216077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, HimmatulUNSPECIFIED1976122220077012021
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Mar'atus Sholihah
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:04
Last Modified: 03 Jan 2020 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/37952

Actions (login required)

View Item View Item