PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BAGI KELAS I DI MI. MA’ARIF DURENSEWU PANDAAN KABUPATEN PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholili, Cholili (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BAGI KELAS I DI MI. MA’ARIF DURENSEWU PANDAAN KABUPATEN PASURUAN. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap siswa kelas I Semester I di MI Ma’arif Durensewu Pandaan Kabupaten Pasuruan, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bahwa siswa memperoleh hasil belajar rendah karena masih berada di bawah KKM yaitu 70. Bahwa ketuntasan belajar yang diperoleh siswa kelas I MI Ma’arif Durensewu Pandaan Kabupaten Pasuruan sebesar 25% yaitu sebanyak 5 siswa tuntas sedangkan 15 siswa tidak tuntas. Dengan jumlah siswa secara keseluruhan di kelas I MI Ma’arif Durensewu Pandaan Kabupaten Pasuruan sebanyak 20 siswa. KKM Mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I adalah 75 (B). Setelah di observasi lebih lanjut sebagian siswa yang memiliki hasil belajar rendah disebabkan karena kemampuan membaca mereka kurang baik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I MI Ma’arif Durensewu Pandaan Kabupaten Pasuruan, diketahui jumlah siswa 20 semester ganjil 2014/2015. peneliti menggunakan instrumen bantu berupa: (1) lembar observasi, (2) dokumen. (3) Rubrik penilaian unjuk kerja. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang dilaksanakan dari bulan September sampai bulan November 2014. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan kegiatan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Pelaksanaan pembelajaran dengan media kartu dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I MI. Ma’arif Durensewu Pandaan Kabupaten Pasuruan ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus I dan siklus II selalu mengalami kenaikan. Pada pra siklus ketuntasan belajar sebesar 25%. Sedangkan pada siklus I sebesar 55% dan pada siklus II sebesar 90%. Peningkatan juga ditunjukkan pada rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu siklus I sebesar 63,1, siklus I 70,3 dan siklus II 75,9. Pemanfaatan media memiliki keuntungan-keuntungan bagi guru dan siswa. Keuntungannya bagi guru adalah dapat meminimalisir verbalisme guru. Adapun keuntungan yang diperoleh siswa adalah pembelajaran bahasa Indonesia menjadi menyenangkan sehingga siswa menjadi tertarik dan aktif dalam pembelajaran

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ibnu Anshori
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholili, CholiliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kemampuan Membaca; Media Kartu; Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 00:11
Last Modified: 22 Jan 2016 00:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3799

Actions (login required)

View Item View Item