Simbol Rasisme Dalam Film The Great Debaters: Analisis Semiotika Model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahyar, Mohammad Miftahul (2019) Simbol Rasisme Dalam Film The Great Debaters: Analisis Semiotika Model Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Miftahul Ahyar_B76215093.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah, yang pertama apa simbol rasisme dalam film The Great Debaters dan yang kedua adalah apa makna symbol rasisme dalam film the Great Debaters. Dari rumusan tersbut dihasilkan temuan penelitian yaitu pembatasan fasilitas negara yang didapatkan orang orang kulit hitam, diremehkannya dalam perlakuan hukum, pemberian label ‘warga kelas 2’ , kekerasan fisik dan psikis.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan symbol dan makna dalam dilm The Great Debaters. Simbol adalah tanda indrawi, barang atau tindakan, yang menyatakan realita lain di luar dirinya. Makna adalah apa yang kita artikan atau apa yang kita maksudkan. Makna terbagi menjadi dua yaitu makna denotasi dan makna konotasi. Makna denotatif merupakan makna dasar suatu kata sedangkan makna konotatif adalah makna kias. Sementara itu, rasisme adalah suatu tindakan yang mempunyai arti ketidak sukaan terhadap sesuatu.Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kritis. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dan pengamatan langsung terhadap film The Great Debaters. Film yang berlatar tahun 1930 ini sangat kuat dibumbui isu keterpurukan ekonomi Amerika apalagi isu tentang rasisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahyar, Mohammad Miftahulakhyarm8@gmail.comB76215093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, AliUNSPECIFIED197106021998031001
Subjects: Ilmu Komunikasi
Film
Keywords: simbol; makna; dan rasialisme.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mohammad Miftahul Ahyar
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:56
Last Modified: 03 Jan 2020 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38083

Actions (login required)

View Item View Item