KOMUNIKASI BISNIS DALAM PERSIAPAN MENGHADAPI ECONOMIC COMMUNITY (AEC) 2015 (Studi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Zahirotul (2015) KOMUNIKASI BISNIS DALAM PERSIAPAN MENGHADAPI ECONOMIC COMMUNITY (AEC) 2015 (Studi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Ada satu persoalan yang hendak dikaji dengan dua fokus penelitian dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana upaya Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya dalam persiapan menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015 (2). Bagaimana proses komunikasi bisnis Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya dalam persiapan menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015.

Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai komunikasi yang dilakukan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya dalam persiapan menghadapi AEC 2015, kemudian data tersebut dianalisis dengan teori penstrukturan adaptif Giddens dan Teori komunikasi S-M-C-R Berlo.

Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) upaya yang dilakukan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya untuk persiapan menghadapi AEC 2015 menggunakan strategi perencanaa yang melalui tahap perencanaan pesan bisnis yang mengacu pada Peraturan Pemerintah yakni melalui Rencana kerja dan rencana strategis. Pelaksanaan perencanaan melalui program dan kegiatan pelatihan Training for Trainer untuk pendamping, sosialisasi, seminar, pameran, branding product serta motivasi kepada pelaku usaha untuk peningkatan SDM. Dan pemberian intervensi alat-alat pendukung produksi maupun penghargaan untuk pelaku usaha. Dan tahap evaluasi kegiatan dan program yang sudah terlaksana.

Proses komunikasi bisnis untuk persiapan yang dilakukan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya dalam menghadapi AEC 2015 melalui komunikasi downward dari pemerintah tertinggi ke lembaga pelasana Disperdagin Surabaya. Ditemukan proses komunikasi bisnis yang menggunakan model komunikasi komunikasi linier dan model komunikasi sirkuler.

Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan untuk Disperdagin Surabaya adalah (1 meningkatkan program dan kegiatan lebih intens, meningkatkan kualitas kinerja (2) untuk pelaku usaha, meningkatkan kualitas produksi dengan terus mengikuti pelatihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Agoes Moh. Moefad
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, ZahirotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Ekonomi
Keywords: Komunikasi Bisnis; Dalam Persiapan ASEAN Economic Community (AEC) 2015
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr. Suprapto Suprapto
Date Deposited: 22 Jan 2016 02:05
Last Modified: 22 Jan 2016 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3817

Actions (login required)

View Item View Item