METODE BELAJAR TUNTAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VI MI NURUL HUDA PAGER PURWOSARI KABUPATEN PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mundir, Khoirul (2014) METODE BELAJAR TUNTAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VI MI NURUL HUDA PAGER PURWOSARI KABUPATEN PASURUAN. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan kegiatan, pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Nurul Huda Baran Pager Purwosari Kabupaten Pasuruan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah ; a) bagaimana Metode Belajar Tuntas dalam materi mengarang pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas VI di MI Nurul Huda Pager Purwosari ?, b) apakah Metode Belajar Tuntas dapat meningkatkan keterampilan mengarang dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia terhadap siswa kelas VI MI Nurul Huda Pager Purwosari ?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia setelah diterapkannya Belajar Tuntas, (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar Bahasa Indonesia setelah diterapkannya metode Belajar Tuntas.
Melalui data hasil analisis dikemukakan, bahwa nilai kemampuan mengarang siswa pada kondisi awal adalah 61,2 atau 32 %, siklus I 65,8 atau 68 % (belum tuntas), dan siklus II 73,4 atau 84 % (tuntas).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode belajar tuntas terbukti telah mampu meningkatkan proses dan hasil pembelajaran secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VI MI Nurul Huda Baran Pager Purwosari Kabupaten Pasuruan serta model pembelajaran ini sangat menarik untuk digunakan sebagai salah satu alternatif pemilihan metode pembelajaran Bahasa Indonesia

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Djunaidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mundir, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Bahasa; Belajar Tuntas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 02:07
Last Modified: 22 Jan 2016 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3818

Actions (login required)

View Item View Item