العناصر الداخلية في مسرحية مأساة زينب لعلى أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasibah, Dina (2019) العناصر الداخلية في مسرحية مأساة زينب لعلى أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Hasibah_A01216015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sebuah karya sastra tidaklah lepas dari unsur unsur yang membangun karya sastra tersebut. Salah satu unsur yang membangun karya sastra tersebut yaitu unsur intrinsik. Unsur intrinsik adalah salah satu unsur yang berperan penting yang membangun sebuah karya sastra itu sendiri. Pembahasan dalam penelitian ini adalah seputar aspek unsur intrinsik yang terdiri dari tokoh penokohan,tema, alur, setting dan gaya bahasa. Objek kajian pada peneliti adalah drama Masatu Zainab. Drama ini sendiri meceritakan tentang perjuangan seorang wanita bernama zainab yang rela berkorban demi kemerdekaan negaranya. Drama ini terdiri dari 4 babak. Penelitian ini di bangun dari rumusan masalah bagaimana bentuk unsur intrinsik dalam drama Masatu Zainab karya Ali Ahmad Bakatsir? Untuk memenuhi jawaban dari permasalahan diatas, peneliti menggunakan teori metode deskriptif kualitatif.sumber data peneliti adalah naskah drama Masatu Zainab.dan ditambah sumber lainnya yaitu sastra,unsur intrinsik dan balagha Hasil dalam penelitian ini terdapat 20 data yang meliputi 1 tema pengorbanan terhadap bangsa,18 tokoh dan penokohan terdiri dari 1 tokoh utama yaitu zainab dan 17 tokoh tambahan terdiri dari:muhyidin,jendral menou, Ali rasyidi,zubaidah, jendral friedberg, bianca, jaclyn, fransuaz, jendral cleber,ibu zainab,khalil al bakary, bastili,sulaiman al halaby,heathens son,nasuh pasha,ath thanburji.1 alur yaitu alur maju,2 setting tempat dan 4 setting waktu dan terdapat 3 gaya bahasa yaitu kalam insyai dan kalam khabari dan iqtibas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasibah, DinaDhienabastian@gmail.comA01216015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, KamalUNSPECIFIED197906062005011010
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Unsur intrinsik; Masatu Zainab; Ali Ahmad Bakatsir.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Dina Hasibah Hasibah
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:20
Last Modified: 03 Jan 2020 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38197

Actions (login required)

View Item View Item