تحليل شخصية حي في لرواية حي بن يقظن لإبن طفيل

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamma, muhammad darul sahrufin (2019) تحليل شخصية حي في لرواية حي بن يقظن لإبن طفيل. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Darul Sahrufin A91216131.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh utama dalam novel Hayy bin Yaqdzon karya Ibnu Thufail. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Hayy bin Yaqdzon karya Ibnu Thufail yang diterbitkan oleh مؤسسة هنداوي للتليم والثقفة pada tahun 2016. Data diperoleh dengan teknik baca catat. Keabsahan data diperoleh dengan validitas expertjudgment. Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas intrarater dan interrater. Hasil penelitian adalah kepribadian tokoh utama Momo adalah praktis, rasa ingin tahu tinggi, teliti, cerdas, pantang menyerah, yakin, peduli, penyayang, bersedih, dan tidak tenang tipe kepribadiannya adalah phlegmatis, aphatis, sanguignis, dan amorph. Phlegmatis memiliki sifat lemahnya emosionalitasnya, kuatnya proses pengiringnya, dan aktifnya aktivitas. Aphatis memiliki sifat lemahnya emosionalitasnya, kuatnya pengiring dan tak aktifnya aktivitas. Sanguignis memiliki sifat lemahnya emosionalitas, lemahnya proses pengiring, dan aktifnya aktivitas. Amorph memiliki sifat lemahnya emosionalitasnya, lemahnya proses pengiring dan tak aktifnya aktivitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamma, muhammad darul sahrufinsaharufin95@gmail.comA91216131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDustatdz thotiq, Muhammad Thoriqussuud, M.Pdthoriqussuud@uinsby.ac.id198011182009121002
Subjects: Adab
Adab > Washil bin Atha
Keywords: Karakteristik, tokoh utama, Gerard Heymans
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muhammad darul sahrufin haba
Date Deposited: 06 Jan 2020 06:52
Last Modified: 06 Jan 2020 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38263

Actions (login required)

View Item View Item