Pengaruh e-learning terhadap kompetensi kognitif peserta didik di kelas X MIPA 1 MAN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizqiya, Novia Elga (2019) Pengaruh e-learning terhadap kompetensi kognitif peserta didik di kelas X MIPA 1 MAN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novia Elga Rizqiya_D91216119.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi menciptakan banyak kemajuan di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pembelajaran yang mengembangkan adanya teknologi sering disebut dengan E-learning. Model pembelajaran ini menjadi sebuah inovasi pembelajaran yang memanfaatan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran sebagai upaya dalam pengembangan pendidikan. Namun, dalam adanya penerapan tersebut perlu diteliti bagaimana penerapan dari adanya pembelajaran online serta pengaruhnya dalam kompetensi kognitif peserta didik di MAN 1 Gresik. Dari penelitian ini akan diketahui konsep penerapan dari E-learning serta kompetensi kognitif dan pengaruhnya bagi peserta didik. Sehingga skripsi ini akan meneliti pengaruh pembelajaran E-learning terhadap kompetensi kognitif yang merupakan sebuah hal yang masih jarang diterapkan dalam pembelajaran pendidikan Islam di Indonesia. Bentuk penelitian ini adalah penelitian lapangan yang obyek penelitiannya di MAN 1 Gresik, dengan itu peneliti berupaya menjelaskan hasil observasi serta menganalisis data menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan analisisnya, peneliti menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel (6,72 2,0456). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Maka kesimpulannya, E-learning memiliki pengaruh terhadap kompetensi kognitif peserta didik di kelas X MIPA 1 MAN 1 Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizqiya, Novia Elganoviaelga35@gmail.comD91216119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Mohammadfaizin-ahwan@yahoo.com197208152005011004
Thesis advisorSutikno, SutiknoUNSPECIFIED196808061994031003
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengaruh; E-learning; Kompetensi Kognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novia Elga Rizqiya
Date Deposited: 07 Jan 2020 01:38
Last Modified: 07 Jan 2020 01:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38333

Actions (login required)

View Item View Item