UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV MIN JAMBANGAN SURABAYA TAHUN 2013/2014

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wiyani, Sri (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV MIN JAMBANGAN SURABAYA TAHUN 2013/2014. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa upaya untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas IV MIN Jambangan Surabaya. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di MIN Jambangan Surabaya tahun 2013/2014?, (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV dalam mengikuti pembelajaran IPA di MIN Jambangan Surabaya tahun 2013/2014?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan studi penelitian tindakan kelas (research).
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Dalam penggunaan metode demonstrasi mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan sifat bahan dan penggunaan bahan menurut sifatnya yaitu rata-rata keaktifan siswa pada siklus I (46,79%) dikategorikan kurang aktif pada siklus II (51,28%) mengalami kenaikan meskipun dalam kategori sama yaitu kurang aktif dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan kategori aktif (73,07%).
Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi pokok sifat bahan dan penggunaan bahan menurut sifatnya. Rata-rata kelas pada siklus I dikategorikan cukup (66,41%) pada siklus II mengalami peningkatan angka rata-rata kelas dengan kategori baik (70,76%) sedangkan pada siklus III rata-rata kelas juga dikategorikan baik (78,84%)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Zudan Rosyidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wiyani, SriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Hasil belajar UTS; UAS; Metode Demonstrasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 03:14
Last Modified: 22 Jan 2016 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3839

Actions (login required)

View Item View Item