Kemampuan penalaran visual siswa dalam menyelesaikan masalah grafik turunan fungsi berdasarkan gaya belajar Honey dan Mumford

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfiya, Ana (2019) Kemampuan penalaran visual siswa dalam menyelesaikan masalah grafik turunan fungsi berdasarkan gaya belajar Honey dan Mumford. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ana Ulfiya_D94214072.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penalaran visual adalah kemampuan untuk membaca dan menafsirkan informasi visual seperti gambar, grafik, dsb. Penalaran visual dibagi menjadi tiga level yaitu investigasi, interpretasi, dan aplikasi. Pada level investigasi meliputi identifikasi koordinat y dari suatu titik, perubahan satu variabel dengan variabel terkait lainnya, koordinat titik singgung, serta posisi grafik dan garis singgung. Pada level interpretasi meliputi menentukan perbandingan perubahan grafik dan gradien, serta identifikasi jarak dua fungsi. Pada level aplikasi meliputi identifikasi hubungan antara perubahan sesaat dan rata-rata, serta hubungan gradien garis singgung di titik tertentu. Gaya belajar mempengaruhi pemahaman siswa dalam membaca dan menginterpretasi data visual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran visual siswa dalam menyelesaikan masalah grafik turunan fungsi berdasarkan gaya belajar Honey dan Mumford yang terdiri dari aktivis, reflektor, teoris, dan pragmatis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari delapan siswa dengan dua aktivis, dua reflektor, dua teoris, dan dua pragmatis dari kelas XII-MIA 1 di SMA Al Falah Surabaya.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Hasil data tes tertulis dan wawancara akan dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa: (1)Siswa aktivis mampu memenuhi beberapa indikator level investigasi, kecualiidentifikasi perubahan satu variabel dengan variabel terkait lainnya, namun memenuhi semua indikator levelinterpretasi dan aplikasi. (2)Siswa reflektor mampu memenuhi semua indikator levelinvestigasi dan interpretasi, serta beberapa indikator level aplikasi, kecuali identifikasi hubungan antara perubahan sesaat dan rata-rata. (3)Siswa teoris mampu memenuhi beberapa indikator level investigasi yaitu identifikasi koordinat titik singgung dan posisi grafik fungsi dan garis singgung, namun memenuhi semua indikator level interpretasi dan aplikasi. (4)Siswa pragmatis mampu memenuhi beberapa indikator level investigasi, kecuali identifikasi perubahan satu variabel dengan variabel terkait lainnya, dan beberapa indikator level interpretasi,kecuali menentukan perban-dingan perubahan grafik, Namun memenuhi semua indikator level aplikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfiya, Anafiyanna46@gmail.comD94214072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.com2026098302
Subjects: Matematika
Keywords: Penalaran Visual; Grafik Turunan Fungsi; Gaya Belajar Honey; Mumford
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ANA ULFIYA
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:32
Last Modified: 06 Jan 2020 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38439

Actions (login required)

View Item View Item