Penerapan pembelajaran heuristik vee untuk melatih kemampuan berpikir analitis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Farida Nur (2019) Penerapan pembelajaran heuristik vee untuk melatih kemampuan berpikir analitis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farida Nur Cahyani_D34213040.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berpikir analitis adalah kemampuan berpikir siswa untuk menguraikan, memperinci, dan menganalisis informasi-informasi yang digunakan untuk memahami suatu pengetahuan dengan menggunakan akal dan pikiran yang logis, bukan berdasar perasaan atau tebakan. Model Heuristik Vee merupakan suatu model pembelajaran yang membantu siswa mengintegrasikan konsep-konsep yang telah diketahui sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan berpikir analitis siswa SMP/MTs setelah menerapkan model pembelajaran Heuristik Vee.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-B SMP Islam Parlaungan Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan sintaks, lembar pegamatan aktivitas siswa, tes berpikir analitis, dan angket respon siswa setelah pembelajaran.Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahw: 1) keterlaksanaan sintaks selama proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Heuristik Vee termasuk dalam kategori baik dengan memperoleh nilai rata-rata 3,67. 2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung tergolong aktif dengan memperoleh persentase sebesar 97%. 3) respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Heuristik Vee menunjukkan pada kriteria positif sebesar 87,6%. 4) hasil berpikir analitis siswa setelah proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Heuristik Vee menunjukkan 8 siswa termasuk dalam tingkat berpikir analitis baik dengan persentase sebesar 40%, 11 siswa termasuk dalam tingkat berpikir analitis cukup dengan persentase sebesar 55%, dan 1 siswa termasuk dalam tingkat berpikir analitis kurang dengan persentase sebesar 5%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Farida Nurfaridanurcahyani7@gmail.comD34213040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, SutiniUNSPECIFIED197701032009122001
Thesis advisorYanti, Aning WidaUNSPECIFIED198012072008012010
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Heuristik Vee; Kemampuan Berpikir Analitis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Farida Nur Cahyani
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:15
Last Modified: 07 Jan 2020 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38456

Actions (login required)

View Item View Item