Pengembangan pembelajaran matematika berbasis self regulated learning dengan menggunakan media google classroom

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sayyidah, Dewi Nur Faizatus (2019) Pengembangan pembelajaran matematika berbasis self regulated learning dengan menggunakan media google classroom. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Dewi Nur Faizatus Sayyidah_D74213054.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan pembelajaran matematika berbasis Self Regulated Learning dengan menggunakan media Google Classroom. Tujuan pengembangan perangkat pembelajaran ini untuk mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran, validitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan Research and Development (R & D) Isman. Uji coba hasil pengembangan perangkat pembelajaran ini dilakukan di SMA Islam Parlaungan Sidoarjo, kelas XI-MIA sebanyak 23 peserta didik. Data yang diperoleh pada penelitian ini, dikumpulkan melalui metode observasi, validasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa validitas RPP dinyatakan valid dengan validitas sebesar 3,4; validitas LKPD dinyatakan valid dengan validitas sebesar 3,8. RPP dinyatakan praktis dengan nilai 4 poin tanggapan SS (Sangat Setuju) dan 10 poin tanggapan S (Setuju); kepraktisan LKPD dinyatakan praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 77% dan nilai sebesar 72. Keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran diperoleh melalui data keterlaksanaan sintaks dengan persentase sebesar 91% yang dinyatakan dalam kategori efektif. Aktifitas peserta dikatakan efektif setelah hasil pengamatan dari 2 observer menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik yang relevan dengan kegiatan pembelajaran lebih besar daripada aktivitas peserta didik yang tidak relevan dengan pembelajaran yaitu 98,8% dan 98,6% dibandingkan dengan 1,2% dan 1,4%. Respon peserta didik juga mendapatkan kategori positif dengan persentase sebesar 77%, sehingga dapat dikatakan “efektif”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sayyidah, Dewi Nur Faizatusfaizatusmath@gmail.comD74213054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. SaepulUNSPECIFIED196507312000031002
Thesis advisorLubab, AhmadUNSPECIFIED198111182009121003
Subjects: Internet
Matematika
Pendidikan
Keywords: Pembelajaran Matematika; Self Regulated Learning; Google Classroom; Geometri Transformasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dewi Nur Faizatus Sayyidah
Date Deposited: 07 Jan 2020 06:20
Last Modified: 07 Jan 2020 06:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38534

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item