Pengaruh metode bernyanyi tentang Nabi Muhammad SAW terhadap motivasi belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktavia, Ninda (2019) Pengaruh metode bernyanyi tentang Nabi Muhammad SAW terhadap motivasi belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ninda Oktavia_D01216027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang meliputi : (1) Bagaimana Metode Bernyanyi di MTs Negeri 1 Sidoarjo ? (2) Bagaimana Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Sidoarjo ? (3) Bagaimana Pengaruh Metode Bernyanyi tentang Nabi Muhammad Saw. terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Sidoarjo ?Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun jumlah populasinya sebanyak 335 siswa kelas VII. Sampel yang diambil adalah 37 siswa dari populasi sebanyak 335 siswa. Lokasi yang diteliti adalah MTs Negeri 1 Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dokumen. Sedangkan untuk analisi data uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji t.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Metode bernyanyi tentang Nabi Muhammad SAW di MTs Negeri 1 Sidoarjo tergolong “ cukup “ dengan hasil 42,81% berada diantara 35% - 65% . (2) Motivasi Belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Sidoarjo tergolong “ cukup “ dengan hasil 43,41% berada diantara 35% - 65%. (3) Pengaruh metode bernyanyi tentang Nabi Muhammad SAW terhadap motivasi belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Sidoarjo . hal ini terbukti dengan diterimanya Ha dan Ho ditolak dengan t hitung sebesar 0,65 lebih besar dari t tabel. Kemudian uji t = 5,0602431369 yang didapat dari penelitian ini berarti antara motivasi belajar mempunyai korelasi yang signifikan dengan metode bernyanyi tentang Nabi Muhammad SAW. Berdasarkan besar prosentase pengaruh metode bernyanyi tentang Nabi Muhammad SAW dalam meningkatkan motivasi belajar menandakan bahwa metode bernyanyi tentang Nabi Muhammad SAW ini cukup kuat terhadap motivasi belajar di kelas VII F tepatnya MTs Negeri 1 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktavia, Nindanindaoktavia27@gmail.comD01216027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED195304101988031001
UNSPECIFIEDChanna, LiliekUNSPECIFIED195712181982032002
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Motivasi belajar ;metode bernyanyi Nabi Muhammad SAW
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Oktavia Ninda
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:11
Last Modified: 07 Jan 2020 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38586

Actions (login required)

View Item View Item