Struktur Argumentasi Siswa Pada Penalaran Kovariasional Berdasarkan Komponen Argumentasi Mcneill Dan Krajcik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aaidati, Iffanna Fitrotul (2019) Struktur Argumentasi Siswa Pada Penalaran Kovariasional Berdasarkan Komponen Argumentasi Mcneill Dan Krajcik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iffanna Fitrotul Aaidati_D04215010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penalaran kovariasional merupakan salah satu pendekatan yang digunakan untuk membelajarkan fungsi dengan memberikan pengalaman tentang penalaran. Berbeda dengan pendekatan korespondensi yang selama ini digunakan dalam membelajarkan fungsi yang hanya berfokus pada proses prosedural saja. Penalaran kovariasional dapat diidentifikasi melalui aksi mental yang mendasarinya. Sedangkan aksi mental dapat diidentifikasi melalui struktur argumentasi yang membentuknya. Struktur argumentasi pada aksi mental penalaran kovariasional dapat dianalisis menggunakan komponen argumentasi yang diungkapkan oleh McNeill dan Krajcik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur argumentasi siswa pada penalaran kovariasional berdasarkan komponen argumentasi McNeill dan Krajcik.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil 3 dari 30 siswa kelas XI MIPA 9 SMAN 3 Sidoarjo yang diklasifikasikan berdasarkan kategori pemenuhan indikator aksi mental penalaran kovariasional dan banyaknya soal kovariasi yang dapat diselesaikan. Adapun teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes kovariasi dan wawancara. Setelah diperoleh data penelitian, selanjutnya data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur argumentasi siswa pada aksi mental koordinasi awal, aksi mental koordinasi arah perubahan, dan aksi mental koordinasi besar perubahan penalaran kovariasional terdapat komponen argumentasi tipe claim dan tipe evidence. Adapun struktur argumentasi siswa pada aksi mental laju perubahan rata-rata penalaran kovariasional hanya terdapat komponen argumentasi tipe claim saja dan tidak terdapat komponen argumentasi tipe evidence. Sedangkan struktur argumentasi siswa pada aksi mental laju perubahan sesaat penalaran kovariasional tidak terdapat komponen argumentasi tipe claim maupun tipe evidence.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aaidati, Iffanna Fitrotuliffannafitrotul@gmail.comD04215010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id197206071997031001
Thesis advisorSuparto, SupartoUNSPECIFIED196904021995031002
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Penalaran; Kovariasional; Komponen; Argumentasi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iffanna fitrotul Aaidati
Date Deposited: 07 Jan 2020 06:52
Last Modified: 07 Jan 2020 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38664

Actions (login required)

View Item View Item