فعالية استخدام الوسيلة التعليمية الإعلامية بـ سجولار عربي لترقيه مهارة القراءة لطلاب الصف السابع بمدرسة "دار الحكمة" المتوسطة الإسلامية بودوران سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanti, Wiwin (2019) فعالية استخدام الوسيلة التعليمية الإعلامية بـ سجولار عربي لترقيه مهارة القراءة لطلاب الصف السابع بمدرسة "دار الحكمة" المتوسطة الإسلامية بودوران سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wiwin Susanti_D92215088.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bahasa adalah ungkapan dari pikiran, perasaan, tindakan seorang penutur kepada orang yang diajak bicara. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa terbesar yang ada di dunia, lebih dari jutaan orang berbicara menggunakan Bahasa Arab. Dan bahasa ini digunakan lebih di dua puluh negara. Bahasa Arab mempunyai empat keterampilan, yaitu istima’, kalam, qira’ah, dan kitabah. Peneliti memfokuskan penelitian ini pada bagaimana keterampilan qira’ah (membaca) siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Buduran Sidoarjo, bagaimana penggunaan media pembelajaran online Schoolar Arabia untuk meningkatkan keterampilan qira’ah, dan bagaimana penerapannya untuk meningkatkan keterampilan qira’ah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan qira’ah (membaca) siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Buduran Sidoarjo, penggunaan media pembelajaran online Schoolar Arabia untuk meningkatkan keterampilan qira’ah, dan penerapannya untuk meningkatkan keterampilan qira’ah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan qira’ah siswa pada tingkatan “cukup” dan “kurang”, dan peneliti menggunakan media pembelajaran online “Schoolar Arabia” untuk meningkatkan keterampilan qira’ah siswa, dan efektivitas penerapan media pembelajaran online “Schoolar Arabia” dengan hasil th = 28,826 lebih besar dari tt, yang menunjukkan media ini diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanti, Wiwinwsusana24@gmail.comD92215088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Syafi'i-2018117003
Thesis advisorHanifah, Umi-2028097802
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: wiwin susanti
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:08
Last Modified: 08 Jan 2020 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38680

Actions (login required)

View Item View Item