PENGGUNAAN TORSO DALAM RANGKA MENINGKATKAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI ORGAN PERNAFASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V MINU MIFTAHUL HUDA DAYUREJO PRIGEN PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suharno, Suharno (2014) PENGGUNAAN TORSO DALAM RANGKA MENINGKATKAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI ORGAN PERNAFASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V MINU MIFTAHUL HUDA DAYUREJO PRIGEN PASURUAN. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam dalam materi Organ Pernafasan Manusia pada Siswa Kelas V MINU Miftahul Huda Dayurejo Prigen Pasuruan. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran belum menggunakan media. Oleh karena itu peneliti menggunakan media Torso.
Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui penggunaan Torso dalam meningkatkan hasil belajar IPA di dalam organ pernafasan pada siswa kelas V MINU Mifthul Huda Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan dan 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V MINU Mitahul Huda Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan media torso.
Penelitian ini menggunakan desain PTK, yang terperinci dalam 2 siklus, yaitu siklus I, satu kali pertemuan dan siklus II, satu kali pertemuan. Subyek penelitian adalah sejumlah populasi 29 siswa kelas V MINU. Miftahul Huda Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan
Berdasarkan hasil tes formatif pada tahap pra siklus ada beberapa siswa yang belum memenuhi skala subyektif 75%. Selanjutnya siswa diajar dengan menggunakan media torso sehingga mencapai ketuntasan hasil belajar 55% dari pra siklus. Kedua, hasil tes formatif pada siklus II mencapai ketuntasan hasil belajar 89 %.
Bertitik tolak dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1) penggunaan media torso yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi organ pernafasan manusia pada siswa kelas V MINU Miftahul Huda Dayurejo Prigen Pasuruan adalah yang dilakukan dengan pemberian motivasi pada siswa sehingga siswa terpanggil mengikuti proses belajar mengajar dengan semangat, 2) peningkatan hasil belajar IPA materi organ pernafasan manusia pada siswa kelas V MINU Miftahul Huda Dayurejo Prigen Pasuruan dengan penggunaan torso sangat tinggi yaitu mencapai 89 %. Hasil tersebut diperoleh dari siklius II, 3) kepada peneliti lain agar dapat menerapkan media torso dalam penelitian lainnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Irfan Tanwifi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suharno, SuharnoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: IPA; Torso; Hasil Belajar; Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 07:25
Last Modified: 22 Jan 2016 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3869

Actions (login required)

View Item View Item