Uji daya hambat kombinasi ekstrak buah dan daun mengkudu (Morinda citrifolia) terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasiska, Yosi Setia (2019) Uji daya hambat kombinasi ekstrak buah dan daun mengkudu (Morinda citrifolia) terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yosi Setia Prasiska_H71216044.pdf

Download (873kB)

Abstract

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat menyebabkan kematian. Diare umumnya disebabkan karena adanya infeksi pada saluran pencernaan oleh bakteri Escherichia coli. Menurut WHO (World Health Organizition) diare penyebab kematian nomor satu di dunia dan penyebab kematian balita nomor dua di Indonesia setelah infeksi akut. Masyarakat saat ini lebih gemar mengkonsumsi obat-obatan kimia tetapi dalam jangka panjang dapat menyebabkan bakteri yang berada di dalam saluran pencernaan menjadi resisten, sehingga diperlukan alternatif pengobatan tradisional dengan menggunakan tanaman Morinda citrifolia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana daya hambat kombinasi ekstrak buah dan daun mengkudu (Morinda citrifolia) terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Integrasi Mikrobiologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dan 5 kali pengulangan. Data perhitungan diameter daya hambat yang terbentuk dianalisis menggunakan uji Spss windows 17.0 dengan taraf (P > 0,05 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kombinasi ekstrak buah dan daun mengkudu mampu menghambat pertumbuhan bakteri E.coli. Konsentrasi kombinasi buah dan daun mengkudu (Morinda citrifolia) yang optimal terdapat pada konsentrasi kombinasi 75% buah mengkudu + 25% daun mengkudu dengan rata-rata daya hambat sebesar 1,2 mm. Hasil uji statistik menunjukkan nilai Asymp. Sig sebesar 0.000 yang berarti > 0,05. Hal tersebut menunjukkan pada ekstrak buah dan daun mengkudu tersebut memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasiska, Yosi SetiaYosiwfaaa99@gmail.comH71216044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, SaikuUNSPECIFIED198612212014031001
Thesis advisorBahri, SaifulUNSPECIFIED198804202018011002
Subjects: Biologi
Buah-buahan
Kesehatan
Kesehatan
Keywords: Bakteri Escherichia coli; Morinda citrifolia; Uji Daya Hambat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Yosi Setia Prasiska
Date Deposited: 07 Jan 2020 07:45
Last Modified: 07 Jan 2020 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38701

Actions (login required)

View Item View Item