فعالية استخدام الوسيلة التعليمية Exe Learning لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الفصل السابع بمدرسة فتح الهداية المتوسطة لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhaimin, Muhammad (2019) فعالية استخدام الوسيلة التعليمية Exe Learning لترقية مهارة الكتابة لدى طلاب الفصل السابع بمدرسة فتح الهداية المتوسطة لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Muhaimin_D02214011.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa arab di Madrsah Tsanawiyah Fathul Hidayah memerlukan berbagai media untuk memudahkan siswa belajar bahasa arab termasuk exe learning yang telah diumumkan akhir-akhir ini sebagai media yang baik untuk meningkatkan kemampuan keterampilan menulis siswa. Adanya media pembelajaran ini penting untuk membangun keterampilan menulis bahasa arab pada siswa. Hal ini diterapkan pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Fathul Hidayah untuk meningkatkan kemampuan menulis. Di Madrasah Tsanawiyah Fathul Hidayah peneliti menemukan beberapa masalah salah satunya kebanyakan dari siswa berasal dari sekolah dasar negeri, sehingga pembelajaran bahasa arab serasa sulit, khususnya menulis bahasa arab. peneliti menemukan media pembelajatan exe learning untuk meningkatkan keterampilan menulis supaya siswa mau belajar menulis tanpa ada rasa takut salah. Maka peneliti ingin menggunakan media pembelajaran exe learning dan dari permasalahan ini peneliti mempresentasikan pokok bahasan “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Exe Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Siswa Kelas Tujuh Madrasah Tsanawiyah Fathul Hidayah Lamongan. Pertanyaan peneliti dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana keterampilan menulis kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Fathul Hidayah Lamongan? 2) bagaimana penggunaan media pembelajaran exe learning untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Fathul Hidayah Lamongan? 3 bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran exe learning untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Fathul Hidayah Lamongan?. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskripstif alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi. Hasil penggunaan media pembelajaran exe learning untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Fathul Hidayah Lamongan terletak pada penggunaan dari media pembelajaran tersebut. Tampak dari hasil yang sudah dilakukan oleh peneliti menunjukkan ada dampak signifikan pada siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhaimin, Muhammadhaimin390@gmail.comD022140111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Syafi'isyafii2121@Gmail.com2018107002
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah78@yahoo.com2028097802
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Keywords: Exe Learning; Kemampuan Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Muhaimin
Date Deposited: 08 Jan 2020 01:42
Last Modified: 08 Jan 2020 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38708

Actions (login required)

View Item View Item