Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada Mata Pelajaran Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alawi, Ahmad Muhammad (2019) Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada Mata Pelajaran Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Muhammad Alawi_D74213048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks dan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada mata pelajaran matematika berlangsung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran yang sama, serta bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Meskipun analisis dalam penelitian ini menggunakan bantuan analisis statistik, tapi penelitian ini masih tergolong deskriptif kualitatif sebab menggunakan statistik deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan sintaks, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar angket respon peserta didik, dan lembar tes hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan cara statistik dan disimpulkan secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 peserta didik, di mana 26 peserta didik mengikuti pembelajaran dan 4 sisanya absen. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa:1) Keterlaksanaan sintaks pembelajaran menggunakan model AIR dalam penelitian ini adalah sangat baik dengan persentase 87.8% terlaksana dan terlaksana dengan skor 3.55. 2) 63.7% peserta didik tergolong aktif mengikuti pembelajaran dengan model AIR. 3) Respon peserta didik kurang positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada mata pelajaran matematika dengan persentase 69.44%. Nilai ini hanya terpaut 0.56% dari nilai 70% yang mengindikasikan respon peserta didik positif. 4) Hasil belajar peserta didik selama Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Pada Mata Pelajaran Matematika dalam penelitian ini adalah 86.67% tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alawi, Ahmad Muhammadalifalawial@gmail.comD74213048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046901
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ahmad Muhammad Alawi
Date Deposited: 07 Jan 2020 08:17
Last Modified: 07 Jan 2020 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38721

Actions (login required)

View Item View Item