فعالية استخدام الوسيلة التعليمية لعبة سلسلة القصص "Fairy Tale Chains"لترقية مهارة الكتابة لفصل الثامنبمدرسة سونن كالي جوغو الثانوية الإسلامية سورابايا.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pranawa, Rahmat Dandan (2019) فعالية استخدام الوسيلة التعليمية لعبة سلسلة القصص "Fairy Tale Chains"لترقية مهارة الكتابة لفصل الثامنبمدرسة سونن كالي جوغو الثانوية الإسلامية سورابايا. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmat Dandan Pranawa_D02215017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Di MTS Sunan Kalijaga Surabaya, peneliti menemukan bahwa siswa kesulitan membuat kalimat pada kemampuan menulis mereka, khusunya dikelas VIII. Sehingga mereka kesulitan dalam menyesuaikan cara menulis yang sesuai dengan kaidah-kaidah Bahasa arab yang benar seperti kesulitan dalam keterampilan menulis. Dengan adanya kesulitan tersebut, muncul salah satu Media permainan fairy tale chains untuk meningkatkan maharah kitabah untuk kelas VIII di MTS Sunan Kalijaga Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kemampuan menulis siswa kelas VIII di MTs Sunan Kalijaga Surabaya (2) untuk mengetahui penggunaan pembelajaran melalui Media Permainan Fairy Tale Chains untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas VIII di MTs SunanKalijaga Surabaya (3) untuk mengetahui efektivitas media permaianan fairy tale chains untuk meningkatkan ketrampilan menulis kelas VIII di MTs Sunan Kalijaga Surabaya .Untuk menjawab argumen tersebut, metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kuantitatif.Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.Adapun sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelasVIII MTs Sunan Kalijaga Suarabaya, total satu kelas yaitu empat puluh. Adapun hasil daripenelitian ini adalah bagaimana cara menulis kosa kata dengan benar dalam pembelajaran Bahasa arab siswa yaitu praktek dengan menggunakan Media Permainan Fairy Tale Chains untuk meningkatkan minat menulis Bahasa arab. Sebab-sebab penerapan adalah interfensi Bahasa, ketinggian dalam generalisasi, kosa kata Bahasa yang baru, penerapan kaidah yang kurang lengkap, asumsi yang salah. Dan solusi untuk meminimalisir kesalahan praktek tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agar menggunakan penerapan Media Permainan Fairy Tale Chains untuk meningkatkan minat menulis, nampaknya model dan media tersebut akan mendukung dan menambah pemahaman siswa dalam belajar Bahasa arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pranawa, Rahmat Dandanometbarca@gmail.comD02215017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNukman, MohammadUNSPECIFIED2022026901
Thesis advisorHanifah, UmiUNSPECIFIED2028097802
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Media Pembelajaran Permainan; Fairy Tale Chains; Keterampilan Menulis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rahmat dandan pranawa Rahmat dandan pranawa
Date Deposited: 08 Jan 2020 06:23
Last Modified: 08 Jan 2020 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38749

Actions (login required)

View Item View Item