Aplikasi matriks dan aritmatika modular untuk penyandian menggunakan metode Hill Cipher dan Caesar Cipher

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Arinatul (2019) Aplikasi matriks dan aritmatika modular untuk penyandian menggunakan metode Hill Cipher dan Caesar Cipher. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arinatul Khoiriyah_H92214024.pdf

Download (8MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi saat ini memudahkan manusia untuk saling bertukar informasi satu sama lain sehingga keamanan dari informasi juga rawan terjadi penyadapan. Informasi atau data dibagi menjadi dua jenis yaitu data yang bersifat rahasia dan data yang bersifat tidak rahasia. Untuk data yang bersifat rahasia tentu akan sangat dijaga kerahasiaannya agar tidak semua orang dapat mengetahui data tersebut. Data disini bisa berupa pesan. Untuk menjaga sebuah pesan rahasia agar tidak mudah diketahui yaitu dengan cara melakukan penyandian terhadap pesan tersebut. Penyandian adalah proses pengubahan pesan menjadi bentuk kode-kode tertentu agar tidak mudah dibaca oleh orang yang tidak mengetahui kuncinya. Cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang penyandian disebut kriptografi. Dalam penelitian ini akan dilakukan penyandian dengan mengaplikasikan konsep-konsep matematika dalam hal ini adalah matriks dan aritmatika modular. Metode kriptografi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode hill cipher dan caesar cipher. Konsep matriks dan aritmatika modular digunakan untuk melakukan proses enkripsi dan dekripsi terhadap sebuah pesan rahasia. Dalam penelitian ini metode hill cipher dan caesar cipher berhasil meakukan proses enkripsi dan dekripsi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Arinatularina.khoiriya23@gmail.comH92214024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Thesis advisorHafiyusholeh, Mohammadhafiyusholeh@gmail.com2004028001
Subjects: Matematika
Keywords: Enkripsi; Dekripsi; Hill Cipher; Caesar Cipher
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: arinatul khoiriyah khoiriyah
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:38
Last Modified: 08 Jan 2020 03:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38802

Actions (login required)

View Item View Item