Analisis dan rekomendasi Sistem E Tilang SITS Dishub Kota Surabaya menggunakan Framework ISO 25010

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Athur, Galuh Thirta (2019) Analisis dan rekomendasi Sistem E Tilang SITS Dishub Kota Surabaya menggunakan Framework ISO 25010. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Galuh Thirta Al Athur_ H76215034.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dinas Perhubungan Kota Surabaya akan mengimplementasikan sistem E-Tilang untuk dapat membantu meringankan pihak kepolisian dalam mengatur administrasi dan memudahkan masyarakat karena yang melanggar tidak perlu mengikuti sidang pengadilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas sistem E-Tilang yang ada di SITS Dishub Kota Surabaya berdasarkan indikator yang ada dalam ISO 25010. ISO 25010 memiliki delapan indikator diantaranya usability, portability, performance efficiency, functional suitability, maintainability, compatibility, reliability, dan security. Metode sampling yang diambil adalah dengan metode sampel jenuh dan total sampel diambil dari keseluruhan populasi sebanyak 18 responden. Adapun analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Setelah itu akan ditentukan presentase kualitas perangkat lunak dari tahap pengukuran. Hasil dari penelitian ini maka diperoleh tingkat kualitas sistem E-Tilang SITS Dishub Kota Surabaya berdasarkan berbagai indikator ISO 25010. adapun tingkat kualitas sistem E Tilang SITS Dishub Kota Surabaya berdasarkan yang paling tinggi hingga yang rendah adalah pada indikator functional suitability memperoleh presentase sebesar 81%, indikator Maintainability memperoleh presentase 80%, indikator compatibility memperoleh presentase 78%, indikator security memperoleh presentase 78%, indikator performance efficiency memperoleh presentase 76%, indikator usability memperoleh presentase 75%, indikator reliability memperoleh presentase 75%, dan indikator portability memperoleh presentase 73%. Setelah diperoleh hasil presentase dibuatkan sebuah saran perbaikan untuk sistem E-Tilang agar kedepannya SITS Dishub Kota Surabaya lebih baik dalam meningkatkan kualitas sistem e tilang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Athur, Galuh Thirtagaluhthirtaalathur3@gmail.comH76215034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Thesis advisorIlham, Ilhamilham@uinsby.ac.id0708118003
Subjects: Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Galuh Thirta Al Athur
Date Deposited: 13 Jan 2020 08:20
Last Modified: 16 Jan 2020 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38961

Actions (login required)

View Item View Item