Analisis Maslahah Mursalah pada Tabungan Plus investasi masyarakat di Desa Sekapuk Ujungpangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasibah, Amilatun (2019) Analisis Maslahah Mursalah pada Tabungan Plus investasi masyarakat di Desa Sekapuk Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amilatun Nasibah_G04216006.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Maslahah Mursalah Pada Tabungan Plus Investasi Masyarakat Di Desa Sekapuk Ujungpangkah Gresik” merupakan penelitian yang membutuhkan partisipatif dalam pelaksanaanya untuk menjawab dari pertanyaan tentang prosentase partisipasi masyarakat pada tabungan plus investasi dan analisisi maslahah mursalah pada tabungan plus investasi masyarakat. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian Participatory Rural Appraisal (PRA) yaitu metode yang digunakan untuk menganalisisi data berdasarkan kebenaran atau fakta-fakta yang diperoleh dari lapangan. Dalam pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara kunci, wawancara semi struktur, fgd, pengamatan partisipatif, pemetaan partisipatif. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti melihat prosentase partisipasi masyarakat terhadap program kerja pemerintahan desa cukup tinggi antusiasnya, lebih dari 50% dari target warga dari golongan menengah kebawah, sedangkan untuk golongan menegah keatas lebih dari 80% bahkan hampir seluruhnya ikut aktif dan berinvestasi dalam usaha untuk kesejahteraan bersama. Sedangkan untuk Dalam program ini terdapat kebijakan pemerintahan desa yang lebih mengutamakan kesejahteraan masyarakat, dan dari program kerja ini banyak memberikan manfaat untuk pemerintahan desa menambah pemasukkan kas desa dari profit bagi hasil, perubahan lingkungan, untuk investor dapat meningkatkan perekonomian dari keuntungan bagi hasil usaha wisata desa, investor dapat menikmati wisata secara gratis, untuk pedagang wisata dapat meningkatkan perekonomian dengan berjualan di stand wisata yang sudah terfasilitasi oleh pemerintahan desa, dan untuk masyarakat desa sekapuk yang bukan investor juga dapat merasakan dampak positif dari program ini, yaitu dapat merasakan pemanfaatan hasil dengan berkunjung di wisata desa secara gratis dan merasakan perubahan lingkungan yang dahulu lokasi dijadikan TPA sedangkan untuk sekarang menjadi wisata alam bukit kapur. Dari hasil penelitian ini antarapemerintahan desa dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam partisipasi dalam program taplus invest ini dengan cara melakukan sosialisasi kepada warga yang belum sepenuhnya mengetahui tentang program kerja ini, karena untuk meyakinkan kepada masyarakat bahwa program ini banyak memberikan manfaat kepada masyarakat dan membangun desa secara bersama sama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasibah, Amilatunamilatunnasibah883@gmail.comG04216006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nasibah Amilatun
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:46
Last Modified: 14 Jan 2020 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38990

Actions (login required)

View Item View Item