Pengaruh metode permainan Tebak Kata dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak di SD Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

M.S, Kindi Sophia (2010) Pengaruh metode permainan Tebak Kata dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak di SD Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kindi Sophia M.S_D01205118.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39165

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Pengaruh Metode Permainan Tebak Kata dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Aqidah Akhlak di SD Khadijah Surabaya dengan beberapa rumusan masalah yaitu (1) bagaimana praktek penerapan metode permainan tebak kata di SD Khadijah Surabaya, (2) bagaimana prestasi belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak di SD Khadijah Surabaya dan (3) adakah pengaruh metode permainan tebak kata di dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak di SD Khadijah Surabaya? Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket dan dokumenter. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus statistik yaitu rumus prosentase, product moment dan rumus regresi agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode permainan tebak kata di SD Khadijah Surabaya tergolong cukup baik, karena nilai yang diperoleh dari hasil perhitungan persentase adalah 76%-100%. Dan prestasi belajar siswa pada materi Aqidah Akhlak di SD Khadijah Surabaya tergolong baik mengalami pencapaian prestasi belajar siswa yang baik. Hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan prosentase pada per-item pertanyaan nilai yang diperoleh berada antara 76%-100%. Dari hasil penghitungan product moment, hasil yang diperoleh adalah 0,837 dan pada nilai tabel "r" product moment baik pada taraf signifikan 5% yaitu 0,250 dan taraf signigikan 1% yaitu 0,325. Dengan mengkonsultasikan pada nilai, Dari tabel nilai "r" product moment dengan n = 60, diketahui bahwa pada taraf signifikan 5% adalah 0,250, sedangkan pada taraf signifikan I% adalah 0,325. Jadi dari hasil konsultasi tersebut diketahui bahwasanya rXY = 0,837 lebih besar daripada nilai tabel ""r" product moment baik pada taraf signifikan 5% = 0,250 maupun 1% = 0,325. Jadi kesimpulannya yang dapat penulis tarik adalah hipotesis kerja (Ha) dapat diterima dan hipotesis nihil (Ho) di tolak. Sehingga yang berlaku adalah ada Pengaruh yang signifikan dalam metode permainan tebak kata terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak di SD Khadijah Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
M.S, Kindi Sophia--D01205118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode belajar; permainan Tebak Kata; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:23
Last Modified: 10 Sep 2020 13:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39165

Actions (login required)

View Item View Item