استعمال الأوزان المزيدة و أثره في المعنى في سورة ال عمران: دراسة صرفية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihin, Muhammad (2011) استعمال الأوزان المزيدة و أثره في المعنى في سورة ال عمران: دراسة صرفية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Sholihin_A01207051.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39277

Abstract

Skripsi yang berjudul Penggunaan wazan Tambahan Beserta Pengaruhnya Terhadap Makna Di dalam Surat Ali lmron ini adalah untuk mengingatkan kembali pada kita, khusunya saya sendiri, tentang pengaruh tambahan pada kalimat beserta dengan kaidah-kaidah yang ada. Tanpa kita sadari ketika kita membaca tulisan arab khusunya Al-Qur'an banyak sekali tambahan-tambahan yang merubah, mempengaruhi makna dan struktur kalimatnya. Mungkin hal itu menunjukkan keistimewaan-keistimewaan yang di miliki oleh Al-Qur'an, mengingat Al-Qur'an merupakan sumber segala ilmu. Dalam penelitian ini saya menggunakan contoh surat ali Imron, dengan alasan bahasa Al-quran yang akan selalu hidup sampai nanti datangnya kiyamat. Selain faidah-faidah yang tersebut diatas, tetapi juga untuk mengetahui makna-makna yang terkandung di dalamnya, tennasuk tentang faedah apa yang paling mendominasi di dalam surat tersebut. Untuk mencapai tujuan diatas maka perlu adanya penelitian, yaitu dengan mengumpulkan data-data yang berupa kitab, menghubungkan antara kalimat satu dengan kalimat yang lain untuk dipahami, kemudian menarik sebuah benang merah karena dalam penelitian ini saya menggunakan metode, yaitu: Langsung dan Tidak langsung. Dari hasil penelitian, membuktikan bahwa di dalam surat Ali-Imron yang paling mendominasi adalah faidah takdiyah, selain itu banyak sekali faidah-faidah yang lain, sehingga jelas bagi kita, untuk bisa memahami al-quran dengan cepat kita harus membaca, memahami bahkan menghafalkan kaidah-kaidah tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihin, Muhammad--A01207051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, Ahmad--2008066801
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Wazan Tambahan; Makna; Surat Ali Imron
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2020 08:39
Last Modified: 06 Mar 2020 08:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39277

Actions (login required)

View Item View Item