الوصل و الفصل في سورة الليل: دراسة بلاغية تطبيقية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Siti (2011) الوصل و الفصل في سورة الليل: دراسة بلاغية تطبيقية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Mahmudah_A01207052.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39295

Abstract

Fokus permasalahan yang dikemukakan dalam skripsi ini adalah (i) apa yang dinamakan washl dan fashl; (ii) dimanakah tempat-tempat washl; (iii) dimanakah tempat-tempat fashl. Setelah dilakukan analisis terhadap data-data maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1. Washl adalah mengathajkan jumlah dengan huruf wawu. Sedangkan fashl adalah jumlah yang tanpa ada 'athaf di dalamnya. 2. Tempat-tempat washl sebagai berikut: Musytarak (terdapat kesamaan) dalam hukum I 'rabnya; Menghilangkan kekeliruan dalam jawaban; Penyesuaian khabariyahnya dengan insya 'iyahnya serta terdapat jihat jami 'nya (sisi yang menyatukan). 3. Adapun tempat-tempat fashl sebagai berikut: Kamalu al-lttishal, Kamalu al-Inqitha', Syibhu Kamalu al-Ittishal, Syibhu Kamalu al-lnqitha', Al-Tawassuth Baina al-Kamalaini. Pada penelitian ini obyek yang diteliti adalah surat al-Lail dan penulis menggunakan metode deskriptif analisis yang didalamnya menguraikan serta memberikan pemahaman dan penjelasan tentang basil analisis dengan baik terhadap pembaca. Dari basil analisis yang penulis lakukan bahwasannya dalam surat al-tail terdapat 10 ayat yang diwashal dan 3 ayat yang difashl.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, Siti--A01207052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Husein--2003015601
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: washl; fashl; surat al Lail
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2020 08:30
Last Modified: 09 Mar 2020 08:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39295

Actions (login required)

View Item View Item