Pengaruh keputusan pembelian melalui Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa muslim: studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningcahya, Iin Ratih (2020) Pengaruh keputusan pembelian melalui Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa muslim: studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iin Ratih Ningcahya_G94216170.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Keputusan Pembelian Melalui Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang menjawab pertanyaan tentang apakah keputusan pembelian melalui shopee berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa muslim di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Univesitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya angkatan 2016-2019 dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada responden. Pengolahan data dilakukan menggunakan IBM SPSS Statistic 19 yang kemudian dianalisis menggunakan distribusi frekuensi item, uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana, dan uji t. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh keputusan pembelian melalui Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa muslim di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Hal ini berdasarkan dari Uji t yang menghasilkan t-hitung ≤ t-tabel yaitu -1745 ≤ 1,984 dan berdasarkan tingkat signifikansi (0,87 ≥ 0,05), dimana dari hasil ini dapat dinyatakan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak yang berarti tidak ada pengaruh keputusan pembelian melalui Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa muslim di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar responden tetap konsisten melakukan evaluasi-evaluasi produk sebelum melakukan keputusan pembelian agar mengetahui produk mana yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga ketika berbelanja tidak mengarah pada perilaku konsumtif. Untuk peneliti selanjutnya, disarankan agar lebih mengeksplor variabel-variabel yang dapat mempengaruhi perilaku konsumtif dengan cara menambah subyek penelitian dengan latar belakang berbeda untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Selain itu, diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk bisa mengambil objek penelitian dari kalangan mahasiswa dan non mahasiswa untuk diteliti kebenarannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningcahya, Iin Ratihiinratihn@gmail.comG94216170
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Iin Ratih Ningcahya
Date Deposited: 10 Mar 2020 08:12
Last Modified: 10 Mar 2020 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39303

Actions (login required)

View Item View Item