مشكلات معلم اللغة العربية في تكوين إعداد الدرس بالمنهج الدراسي سنة 2013 و حلّها في المدرسة المتوسطة بمنطقة كريان سيدووارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ananda, Suci Rahmatul (2020) مشكلات معلم اللغة العربية في تكوين إعداد الدرس بالمنهج الدراسي سنة 2013 و حلّها في المدرسة المتوسطة بمنطقة كريان سيدووارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suci Rahmatul Ananda_D92215086.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 yang disusun oleh guru Bahasa Arab di MTs Se-Kecamatan Krian – Sidoarjo. 2) Mengetahui problematika guru Bahasa Arab dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di MTs Se-Kecamatan Krian – Sidoarjo. 3) Mengetahui solusi guru Bahasa Arab dalam mengatasi problematika dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di MTs Se-Kecamatan Krian – Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara Wawancara dan Dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan Pedoman Wawancara dan Instrumen Telaah RPP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Arab di MTs Se-Kecamatan Krian Sidoarjo berdasarkan Instrumen Penilaian Telaah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Nilai rata-rata yang didapat dari 8 RPP Guru Bahasa Arab adalah 82,06 dengan Predikat A, yang termasuk kategori, RPP Guru Bahasa Arab tingkat MTs Se-Kecamatan Krian dapat digunakan untuk contoh bagi guru lain. 2) Problematika yang dialami oleh Guru Bahasa Arab Se-Kecamatan Krian Sidoarjo dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 antara lain: Guru belum bisa menyesuaikan pengembangan RPP sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi 2017, guru melakukan perbaikan dan merevisi ulang RPP jika tidak sesuai dengan kondisi kelas atau karakteristik dan latar belakang siswa, banyaknya admisitratif yang harus ditulis dengan sangat detail dan rumit, membutuhkan banyak waktu untuk menyusun RPP, terdapat kesalahan susunan komponen dari Buku Pegangan atau buku panduan untuk Guru Bahasa Arab yang bersumber dari KEMENAG, baik komponen tentang KMA, KI-KD, maupun Materi, RPP sering terdapat Revisi. Dari mulai adanya Kurikulum 2013 sampai sekarang. 3)Solusi dalam mengatasi problematika guru Bahasa Arab dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di MTs Se-Kecamatan Krian antara lain : Berubah dari diri Sendiri, membangkitkan semangat, kreativitas, dan meluangkan waktu, memiliki Inovasi-inovasi yang kreatif, merancang pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif, dan memilih teknik pembelajaran dan metode yang tepat untuk mengoptimalkan kondisi kelas hingga dapat mempengaruhi karakteristik siswa dan latar belakang siswa, memahami tujuan pembelajaran dengan baik, optimalisasi Progam Intern, Kelompok Kerja Madrasah (KKM), dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab, selalu Ada Komunikasi yakni, mendiskusikan problematika yang dihadapi bersama, antara Guru Bahasa Arab, Wakil Kepala Sekolah, dan Kepala Sekolah, adanya Bimbingan dari Pengawas Madrasah, Tutor dari Luar, belajar bersama antar Teman sebaya, Guru Lain, dan pihak Madrasah, dan adanya Dorongan, Semangat, dan Motivasi dalam lingkungan Sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ananda, Suci Rahmatulsucirahmatulananda02@gmail.comD92215086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwati, Enieni.tarbiyah@gmail.com2021126501
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah78@yahoo.com2028097802
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; Kurikulum 2013
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: SUCI RAHMATUL ANANDA
Date Deposited: 20 Mar 2020 04:03
Last Modified: 20 Mar 2020 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39405

Actions (login required)

View Item View Item