Tahlil muhtawa kitab al-arabiyah li al-darisin li al-shof al-tsani 'asyara bi al-Madrasah al-Tsanawiyah al-Islamiyah al-Hukumiyah 1 Lamongan bi fiati tahlili Rusydi Ahmad Thu'aimah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maesaroh, Siti (2020) Tahlil muhtawa kitab al-arabiyah li al-darisin li al-shof al-tsani 'asyara bi al-Madrasah al-Tsanawiyah al-Islamiyah al-Hukumiyah 1 Lamongan bi fiati tahlili Rusydi Ahmad Thu'aimah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Maesaroh_D92216054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tidak diragukan lagi bahwa buku pelajaran merupakan sumber utama dalam kegiatan pembelajaran. Akan tetapi dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa buku pelajaran Bahasa Arab “Al-‘Arabiyyatu li al Darisin” terdapat banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Oleh karena itu, peneliti membahas analisis isi buku “Al-‘Arabiyyatu li al Darisin” kelas XII MAN 1 Lamongan berdasarkan kriteria Rusydi Ahmad Thu’aimah, karena kriteria Rusydi Ahmad Thu’aimah lebih luas dari pada kriteria yang lain. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut: bagaimana isi buku “Al-‘Arabiyyatu li al Darisin” kelas XII MAN 1 Lamongan? Seberapa jauh kesesuaian isi buku “Al-‘Arabiyyatu li al Darisin” kelas XII MAN 1 Lamongan berdasarkan kriteria Rusydi Ahmad Thu’aimah?. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif, adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Adapun hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa isi buku “Al-‘Arabiyyatu li al Darisin” meliputi: kata pengantar dari penulis, daftar kata-kata atau mufrodat, dan materi pembelajaran yang terkandung dalam buku ini sebanyak lima tema, dan dari setiap tema tersebut ada empat pelajaran, yang meliputi: istima’ (mendengarkan), kalam (berbicara), qiro’ah (membaca), kitabah (menulis). Buku ini cukup sesuai dengan kriteria analisisnya Rusydi Ahmad Thu’aimah, hal ini terlihat dari sisi kriteria analisis yang meliputi: penjelasan umum seputar buku, layout, kriteria peserta didik, dan lain-lain. Namun jika dilihat dari sisi buku petunjuk guru, penilaian, dan suara audio yang diperdengarkan, maka kitab ini belum bisa memenuhi materi pelajaran yang seharusnya terkandung dalam buku “Al-‘Arabiyyatu li al Darisin” kelas XII MAN Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maesaroh, Sitimysarohsiti@gmail.comD92216054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, Muhammad Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Analisis isi: Buku Al ‘Arabiyyah li Al Darisin.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Maesaroh
Date Deposited: 19 May 2020 23:36
Last Modified: 19 May 2020 23:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39781

Actions (login required)

View Item View Item