PRESTASI AKADEMIK ANAK YANG MENGALAMI CHILD ABUSE

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astutik, Endang Dewi (2014) PRESTASI AKADEMIK ANAK YANG MENGALAMI CHILD ABUSE. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Child abuse atau kekerasan pada anak adalah suatu tindakan yang melanggar hukum dan perampasan hak kebahagiaan seorang anak. Kekerasan fisik, penelantaran, kekerasan seksual dan kekerasan emosional adalah bentuk dari child abuse. Anak korban child abuse cenderung mempunyai penyesuaian sosial yang buruk, menarik diri dari lingkungan dan takut dengan orang lain, sehingga dapat berdampak pula pada prestasi akademik di sekolah.
Penelitian ini bertujuan mengetahui tanda-tanda child abuse, mengungkap penyebab child abuse dan mengetahui prestasi akademik di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Studi kasus digunakan peneliti untuk memehami subjek secara mendalam dan memandang subjek sebagaimana subjek penelitian memahami dan mengenal dirinya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini berusia remaja awal 13 tahun dan mengalami Child Abuse.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) adanya tanda kekerasan fisik seperti luka lebam (membiru) bekas pukulan ditubuh dan tanda kekerasan verbal seperti cacian dan kata-kata kasar, (2) faktor penyebab terjadinya child abuse adalah faktor ekonomi dan keluarga, (3) pressure yang dialami tidak berdampak buruk bagi prestasi akademik di sekolah. Hasil wawancara mendalam diketahui anak bersemangat dan termotivasi disekolah sehingga dapat mengukir prestasi akademik disekolah dengan selalu diberi bimbingan oleh guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Siti Azizah Rahayu
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astutik, Endang DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Keywords: Prestasi Akademik; Child Abuse
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 03:10
Last Modified: 09 Feb 2015 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item View Item