Sistem penanggalan pada prasasti makam Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Usfiyah, Vivi Firda (2020) Sistem penanggalan pada prasasti makam Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivi Firda Usfiyah_A92216158.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah ilmu sejarah dan ilmu falak dengan konstrukti teori utama menggunakan Teori Siklus dari Ibn Khaldun dalam bagian al-‘aql al-tamyizi yaitu tahapan perkembangan akal budi manusia, dimulai dari Tamyizi, Tajribi, dan Nazhari. Selain itu menggunakan teori pendukung teori Struktural Fungsional Robert K. Merton bahwa struktur sosial merupakan kenyataan bahwa masyarakat memiliki hak dan kekuasaan dalam menentukan arah tindakannya. Berdasarkan hasil analisa terhadap data-data yang telah dikumpulkan, hasil penelitian ini menujukkan, 1) Sistem penanggalan di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu solar system, lunar sistem, dan lunisolar. Dalam dunia islam terbagi menjadi 2, yaitu hijriyah solar system dan hijriyah lunar system. 2) Dalam memahami teks prasasti cungkup makam Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik, menggunakan kajian epigrafi, yaitu foto prasasti, salinan edisi biasa, salinan edisi diplomatik, alih tulisan dan alih bahasa atau terjemah serta prasasti ini ditulis dengan menggunakan tulisan arab pegon dan latin. 3) Sistem penanggalan pada prasasti makam Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik menggunakan penanggalan solar system, lunar system dan hijriyah lunar system.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Usfiyah, Vivi FirdaFirdausvivi87@gmail.comA92216158
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sistem Penanggalan; Prasasti dan Epigrafi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: vivi firda usfiyah
Date Deposited: 29 Jun 2020 07:05
Last Modified: 29 Jun 2020 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41606

Actions (login required)

View Item View Item