فعالية استخدام طريقة تقليد وتحفيظ بوسيلة بطاقة الومضية لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل السابع بمدرسة الفاتح المتوسطة الإسلامية تامباك أوسوويلانغون سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmawati, Lutfi (2020) فعالية استخدام طريقة تقليد وتحفيظ بوسيلة بطاقة الومضية لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل السابع بمدرسة الفاتح المتوسطة الإسلامية تامباك أوسوويلانغون سورابايا. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfi Rohmawati_D02216008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di MTs Al Fatich Tambak Osowilangun Surabaya peneliti menemukan beberapa masalah terkait proses pembelajaran Bahasa Arab diantaranya guru menggunakan metode tradisional yakni metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran yang menarik dan banyak siswa merasa kesulitan dalam ketrampilan menulis, terutama dalam membuat sebuah kalimat. Hal ini disebabkan karena mereka kurang memahami mufradat dan kurangnya latihan menulis Bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti memilih penerapan metode MIM-MEM (Mimicry-Memorization) melalui media Flash Card untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Peneliti membahas tentang efektivitas penerapan metode MIM-MEM (Mimicry-Memorization) melalui media Flash Card untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII MTs Al Fatich Tambak Osowilangun Surabaya dengan rumusan masalah 1) bagaimana kemampuan menulis siswa kelas VII MTs Al Fatich Tambak Osowilangun Surabaya?, 2) bagaimana penerapan metode MIM-MEM (Mimicry-Memorization) melalui media Flash Card untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII MTs Al Fatich Tambak Osowilangun Surabaya?, 3) bagaimana efektivitas penerapan metode MIM-MEM (Mimicry-Memorization) melalui media Flash Card untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII MTs Al Fatich Tambak Osowilangun Surabaya?. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dokumenasi dan tes (pre test dan post test). Dan metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah rumus (T-Test). Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah T hitung (12,6) dan T tabel (1,70 dan 2,47). Karena T hitung lebih besar dari T tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya menunjukkan bahwa metode MIM-MEM (Mimicry-Memorization) melalui media Flash Card efekttif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII MTs Al Fatich Tambak Osowilangun Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmawati, Lutfilutfirohmawati33@gmail.comD02216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, M. Yunuselyunusy@gmail.com2015026502
Thesis advisorNu'man, Mohammadzahwa.tirta@gmail.com2022026901
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Metode mimicry-memorization (MIM-MEM METHOD); Media flash card; Ketrampilan Menulis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: lutfi rohmawati
Date Deposited: 01 Aug 2020 08:40
Last Modified: 01 Aug 2020 08:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42049

Actions (login required)

View Item View Item