Peran kepala tata usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MTs Negeri 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Muhammad (2020) Peran kepala tata usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MTs Negeri 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Yusuf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepala tata usaha memiliki sebuah peran yang sangat penting terhadap hasil knerja seluruh tenaga kependidikan dalam sebuah lembaga madrasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan yang terfokus pada peran kepala tata usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan prosedur analisa data yang dimulai dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala tata usaha di MTs Negeri 1 Lamongan yakni a. sebagai kepemimpinan yang professional, b. sebagai komunikator yang aktif, baik dan solutif dan c. sebagai educator bagi seluruh tenaga kependidikan di MTs Negeri 1 Lamongan. Kemudian kinerja tenaga kependidikan di MTs Negeri 1 Lamongan yaitu a. mengetahui tugas-tugas dan tanggung jawab setiap jabatan yang dimiliki, b. Jabatan yang dimiliki sesuai kemampuan tenaga kependidikan, c. Peningkatan kedisiplinan dalam bekerja, d. Mendapat kendala atau hambatan seperti listrik padam, kelelahan dalam bekerja, dll, e. Mampu mengatasi permasalahan yang terjadi dengan bekerja sama antar tenaga kependidikan. Setelah itu, hasil penelitian tentang peran kepala tata usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MTs Negeri 1 Lamongan adalah a. Sebagai motivator dengan memberikan reward dan punishment bagi seluruh tenaga kependidikan di MTs Negeri 1 Lamongan, b. Sebagai evaluator dengan menilai kinerja tenaga kependidikan di MTs Negeri 1 Lamongan.
Kata Kunci: Peran Kepala Tata Usaha, Kinerja Tenaga Kependidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, Muhammadmuhammadyusuf.my194@gmail.comD93216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubty, Taufiqtaufiq_subty@yahoo.com2004065501
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Kepala Tata Usaha; Kinerja; Tenaga Kependidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Yusuf
Date Deposited: 06 Aug 2020 15:33
Last Modified: 06 Aug 2020 15:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42148

Actions (login required)

View Item View Item