Pembentukan dan pengukuran kinerja portofolio optimal pada saham syariah Jakarta Islamic Index (JII) menggunakan metode ewma dan arch/garch

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Desinaini, Latifatun Nadya (2020) Pembentukan dan pengukuran kinerja portofolio optimal pada saham syariah Jakarta Islamic Index (JII) menggunakan metode ewma dan arch/garch. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Latifatun Nadya Desinaini_H72216056.pdf

Download (16MB)

Abstract

Data di sektor keuangan seperti harga saham memiliki tingkat volatilitas tinggi yang ditunjukkan oleh fluktuasi yang relatif tinggi kemudian rendah dan kembali tinggi. Ketika investor melakukan investasi, elemen utama pertimbangan investor adalah tingkat pengembalian dan tingkat risiko. Salah satu cara untuk meminimalisir risiko serta mengoptimalkan tingkat pengembalian tersebut adalah dengan melakukan diversifikasi portofolio. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk portofolio optimal dengan metode EWMA dan ARCH/GARCH, serta mengukur kinerja dari portofolio optimal tersebut, sehingga dapat dibuat suatu rekomendasi portofolio yang sesuai dengan tujuan investor. Saham yang diteliti merupakan saham syariah yang terdaftar di JII periode November 2014 - Oktober 2019, yaitu sebanyak 13 saham. Pada penelitian ini, matriks varians kovarians digunakan untuk membentuk portofolio, kemudian diplot ke dalam kurva efficient frontier, selanjutnya portofolio optimal akan dipilih berdasarkan CAL tertinggi. Kemudian, untuk mengetahui jumlah risiko pasar dari portofolio optimal digunakan metode VaR dan terakhir kinerja portofolio optimal akan dihitung berdasarkan metode sharpe Index, traynor index dan jansen index. Hasil penelitian menunjukkan portofolio optimal metode EWMA terdiri dari saham ADRO, ICBP, INCO, TLKM dan UNVR,dengan nilai CAL = 0.041594. Sedangkan portofolio optimal metode ARCH/GARCH terdiri dari saham ADRO, ICBP, INCO, TLKM, UNTR dan UNVR, dengan nilai CAL = 0.04103213. Dari kedua portofolio optimal tersebut, nilai VaR dari metode EWMA lebih direkomendasikan dibandingkan nilai VaR dari metode ARCH/GARCH yaitu dengan selisih kerugian Rp 1.849.582. Berdasarkan kinerjanya, portofolio dengan metode ARCH/GARCH lebih direkomendasikan untuk investor yang tujuan investasinya pada berbagai portofolio dan mempertimbangkan kinerja pasar dari portofolio tersebut, sedangkan portofolio yang terbentuk dengan metode EWMA lebih direkomendasikan untuk investor yang tujuan investasinya hanya pada satu portofolio saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Desinaini, Latifatun Nadyanadya.desinaini@gmail.comH72216056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Subjects: Bursa Saham
Keuangan Islam
Matematika
Keywords: Pengukuran kinerja; Portofolio; Saham syariah Jakarta Islamic Index (JII); Metode ewma dan arch/garch
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Latifatun Nadya Desinaini
Date Deposited: 11 Aug 2020 05:30
Last Modified: 11 Aug 2020 05:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42252

Actions (login required)

View Item View Item