Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Hubungan Masyarakat (Humas) di Madrasah Aliyah Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Eva Rusdiana (2020) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Hubungan Masyarakat (Humas) di Madrasah Aliyah Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
EVA RUSDIANA DEWI_D03216006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan mengenai kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja hubungan masyarakat di Madrasah Aliyah Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik yang mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Aliyah Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik, mendeskripsikan kinerja hubungan masyarakat di Madrasah Aliyah Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik, menjelaskan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja hubungan masyarakat di Madrasah Aliyah Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka hubungan masyarakat, dan guru di Madrasah Aliyah Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Aliyah Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik menerapkan fungsi pokok kepemimpinan. Diantaranya fungsi instruktif, konsultatif, partisipasi, delegasi, pengendalian. Kepemimpinan kepala madrasah disini selalu memberikan pengarahan, motivasi, pembinaan kepada anggotanya dan bisa diterima dengan baik oleh anggotanya. 2) Kinerja Hubungan Masyarakat (Humas) di MadrasahAliyah Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik sudah melaksanakan tugasnya tergolong baik. Banyak keberhasilan yang dicapai oleh waka humas dalam kinerjanya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Yang diantaranya dalam membangun hubungan harmonis dengan warga sekolah maupun warga masyarakat sekitar, menjalin kerjasama dengan instansi lain, dan mempromosikan madrasah. 3) Kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja hubungan masyarakat di Madrasah Aliyah Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik selain dengan memberikan pengarahan, pembinaan, dan motivasi juga mendukung secara penuh program humas dan mengikut sertakan humas dengan pelatihan yang berhubungan dengan kehumasan. Kepala madrasah juga selalu mengadakan evaluasi dalam setiap kegiatan humas. Karena untuk melihat tingkat keberhasilan dan kesalahan yang terjadi selama pelaksanaan humas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Eva Rusdianaevarusdianade@gmail.comD03216006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah; Kinerja Hubungan Masyarakat (Humas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eva Rusdiana Dewi
Date Deposited: 15 Aug 2020 03:51
Last Modified: 15 Aug 2020 03:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42450

Actions (login required)

View Item View Item