Peran komite sekolah dalam mendukung terwujudnya sekolah bermutu di SDN Balongbesuk Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Annisa (2020) Peran komite sekolah dalam mendukung terwujudnya sekolah bermutu di SDN Balongbesuk Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Agustina_D93216073.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang keadaan mutu sekolah, keadaan komite sekolah, dan peran komite sekolah dalam mendukung terwujudnya sekolah bermutu di SD Negeri Balongbesuk Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, ketua komite sekolah, guru, dan orang tua siswa. Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dengan subyek yang telah ditetapkan sebagai informan penelitian, serta dokumetasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) mutu sekolah SD Negeri Balongbesuk Jombang dikatakan cukup baik, dapat dilihat dari akreditasi sudah memenuhi standar yang ada, memberikan layanan yang cukup memuaskan untuk orangtua dan siswa. (2) komite sekolah SD Negeri Balongbesuk Jombang dibentuk bukan hanya untuk formalitas belaka, melainkan untuk menyalurkan aspirasi orangtua dan masyarakat sekitar agar semakin dekat dengan sekolah. (3) peran komite sekolah dalam mendukung terwujudnya sekolah bermutu, yaitu pertama sebagai pemberi pertimbangan dalam merancang program kerja sekolah dan rancangan anggaran pembiayaan sekolah, kedua sebagai pendukung dalam bentuk finansial dan tenaga, ketiga sebagai pengontrol jalannya perogram sekolah, dan keempat sebagai mediator antara sekolah dengan orangtua, masyarakat, serta tokoh masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Annisaanisaagustina640@gmail.comD93216073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubty, Taufiqtaufiq_subty@yahoo.com2004065501
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Guru
Manajemen Pendidikan
Masyarakat
Keywords: komite sekolah; peran; mutu.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Annisa Agustina
Date Deposited: 15 Aug 2020 08:10
Last Modified: 15 Aug 2020 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42456

Actions (login required)

View Item View Item