Peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan islam materi isra’ mi’raj nabi Muhammad SAW melalui strategi index card match pada siswa kelas IV c MI Miftahul-‘Ulum Kraton Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuniar, Ni'matus Eka (2020) Peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan islam materi isra’ mi’raj nabi Muhammad SAW melalui strategi index card match pada siswa kelas IV c MI Miftahul-‘Ulum Kraton Sidoarjo. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ni'matus Eka Yuniar_D97215069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw dikarenakan penyampaian materi oleh guru masih belum bervariasi dan belum disesuaikan dengan karakteristik siswa. Strategi Index Card Match diterapkan agar memberikan perbaikan hasil belajar pada siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar SKI materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada siswa kelas IV C MI Miftahul-‘Ulum Kraton Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar SKI dalam materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW setelah diterapkan strategi Index Card Match pada siswa kelas IV C MI Miftahul-‘Ulum Kraton Sidoarjo?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan strategi Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar SKI materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada siswa kelas IV C MI Miftahul-‘Ulum Kraton Sidoarjo. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar SKI dalam materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW setelah diterapkan strategi Index Card Match pada siswa kelas IV C MI Miftahul-‘Ulum Kraton Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian dilaksanakan di MI Miftahul-‘Ulum Kraton Sidoarjo pada siswa kelas IV C yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi index card match dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Dilihat dari hasil lembar observasi guru dari perolehan nilai 85,41 (Tinggi) pada siklus I menjadi 91,67 (Sangat Tinggi) pada siklus II dan lembar observasi siswa dengan perolehan nilai 83,33 (Tinggi) pada siklus I meningkat menjadi 93,75 (Sangat Tinggi) pada siklus II. 2) Peningkatan hasil belajar dengan perolehan nilai rata-rata 78,12 (rendah) pada siklus I meningkat menjadi 86,95 (Tinggi) pada siklus II dan persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 70,83% (rendah) meningkat menjadi 95,45% (Sangat Tinggi) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuniar, Ni'matus Ekaekayuniar108@gmail.comD97215069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlir-2022076802
Subjects: Nabi Muhammad
Sejarah
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar; Materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw; Strategi Index Card Match.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ni'matusEkaYuniar NM
Date Deposited: 16 Aug 2020 13:08
Last Modified: 16 Aug 2020 13:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42486

Actions (login required)

View Item View Item