Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman siswa tema 7 subtema 1 materi gaya melalui model Problem Based Learning (PBL) kelas IV MIN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Kholifatur (2020) Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman siswa tema 7 subtema 1 materi gaya melalui model Problem Based Learning (PBL) kelas IV MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
KHOLIFATUR ROSIDAH_D07216020.pdf

Download (970kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa di era globalisasi ini. Hal ini sudah tercantum dalam permendikbud No. 20 tahun 2016, bahwa standar kompetensi lulusan tingkat sekolah dasar dan menengah adalah memiliki kemampuan berpikir kritis. Faktanya, tuntutan ini belum berjalan dengan maksimal, salah satunya di MIN 1 Kota Surabaya. Hasil wawancara dengan guru kelas dan observasi proses pembelajaran siswa kelas IVE saat pra siklus, menunjukkan bahwa selama ini model pembelajaran yang digunakan masih kurang variatif sehingga pemahaman siswa terhadap materi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kurang maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan berpikir kritis siswa khususnya pada materi gaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman siswa tema 7 subtema 1 materi gaya pada siswa kelas IVE MIN 1 Kota Surabaya. 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis tema 7 subtema 1 materi gaya melalui penerapan model Problem Based Learning pada siswa kelas IVE MIN 1 Kota Surabaya. 3) peningkatan pemahaman tema 7 subtema 1 materi gaya setelah diterapkannya model Problem Based Learning siswa kelas IVE MIN 1 Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model dari Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVE MIN 1 Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, tes kemampuan berpikir kritis IPA siswa dan observasi kegiatan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model Problem Based Learning berjalan dengan baik, Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi guru pada siklus I sebesar 75,3 (baik), meningkat menjadi 89,6 (sangat baik) pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 74 (cukup), meningkat menjadi 93,1 (sangat baik) pada siklus II. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model Problem Based Learning mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan 65,7% (Cukup) dan siklus II memperoleh ketuntasan 82,8% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, Kholifaturkholifaturrosidah06@gmail.comD07216020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Thesis advisorsihabudin, sihabudinwww.sihabuinsby.com2020027701
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: KHOLIFATUR ROSIDAH
Date Deposited: 16 Aug 2020 13:19
Last Modified: 16 Aug 2020 13:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42525

Actions (login required)

View Item View Item