Pemanfaatan tanaman kayu Apu (Pistia Stratiotes L.) untuk menurunkan kadar COD, BOD, TSS pada limbah cair industri Tempe dengan menggunakan fitoremediasi sistem batch

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taurisna, Tias Lhidya (2020) Pemanfaatan tanaman kayu Apu (Pistia Stratiotes L.) untuk menurunkan kadar COD, BOD, TSS pada limbah cair industri Tempe dengan menggunakan fitoremediasi sistem batch. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tias Lhidya Taurisna_H75216070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Limbah cair industri tempe merupakan salah satu limbah yang mengandung bahan organik yang kompleks yang menyebabkan limbah cair industri tempe memiliki karakteristik konsentrasi TSS, BOD, dan COD yang tinggi, serta pH asam. Industri tempe di Indonesia sendiri masih didominasi oleh industri rumahan (home industry) yang umumnya limbah tersebut langsung dibuang ke badan air atau sungai. Tujuan penelitian ini yaitu uji fitoremediasi untuk mengetahui kemampuan tanaman kayu apu dalam menurunkan kadar BOD, COD dan TSS, dan untuk mengetahui efisiensi tanaman kayu apu dalam menurunkan kadar BOD, COD dan TSS, serta untuk menganalisa perbedaan variasi tanaman kayu apu menurunkan kadar BOD, COD dan TSS. Metode yang digunakan adalah eksperimental untuk menguji kandungan BOD, COD, dan TSS pada limbah cair tempe sedangkan variasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu, 0 tanaman, 10 tanaman, dan 20 tanaman. Konsentrasi BOD, COD, dan TSS sebelum perlakuan masing-masing adalah 178,01 mg/L, 201,72, dan 492 dan setelah perlakuan selama 12 hari penurunan paling optimum terjadi pada perlakuan 20 tanaman dengan konsentrasi akhir masing-masing BOD, COD, dan TSS adalah 64,04 mg/L, 82,84 mg/L, dan 178 mg/L. Untuk efisiensi penurunan terbesar adalah pada perlakuan 20 tanaan dengan masing-masing efisiensi penurunan untuk BOD, COD, dan TSS setelah 12 hari perlakuan adalah 64,02%, 58,93%, dan 63.82%. Sedangkan pada analisa Uji One Way Anova disimpulkan bahwa Tidak terdapat perbedaan yang nyata atau signifikan pada variasi penggunaan jumlah tanaman kayu terhadap penyisihan BOD, COD, dan TSS.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taurisna, Tias Lhidyatiasltaurisna@gmail.comH75216070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@gmail.com2007108402
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Fitoremediasi; Tanaman Kayu Apu; Limbah Cair Industri tempe
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Tias Lhidya Taurisna
Date Deposited: 17 Aug 2020 04:53
Last Modified: 17 Aug 2020 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42561

Actions (login required)

View Item View Item